Nutrisi yang baik membuat anak tumbuh dengan optimal. Tumbuh kembang balita yang optimal akan memberi dampak positif pada kepribadian anak setelah dewasa kelak.

Pertumbuhan balita ditandai dengan terus bertambahnya berat badan bayi dan tinggi badan, juga perkembangan otak dan otot serta pertumbuhan gigi balita.
Gigi yang tumbuh pada masa balita disebut juga gigi susu. Pertumbuhan gigi balita diawali dengan munculnya ujung gigi di permukaan gusi. selanjutnya gigi akan tumbuh secara tegak sesuai struktur rongga mulut.

Dan sebuah gigi akan berhenti tumbuh secara otommatis saat ia berentuhan dengan gigi lain di sebelahnya. Dari pengalaman, gigi balita mulai tumbuh pada usia balita sekitar 6 bulan.

Tapi ada juga bayi yang sudah tumbuh gigi saat ia masih berada dalam rahim, dokter gigi mendiagnosa bahwa hal itu disebabkan karena ibu bayi mengkonsumsi kalsium dalam jumlah besar saat hamil.

Gigi balita yang pertama muncul adalah gigi seri bagian bawah, disusul gigi seri bagian atas. gigi selanjutnya yang tumbuh adalah gigi geraham, pada usia balita sekitar 15 sampai 20 bulan dan dibarengi dengan pertumbuhan gigi taring.

Gigi geraham yang terakhir akan tumbuh pada usia 2 tahun, dan seluruh gigi akan tumbuh secara sempurna pada usia balita 3 tahun.
Pertumbuhan gigi balita yang sehat dan sempurna akan terwujud dengan asupan gizi yang baik pada balita, misal kalsium dan vitamin D.

Agar pertumbuhan dan perkembangan gigi balita berjalan baik, dianjurkan agar orangtua memeriksakan gigi balita kepada dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali.

Selain itu dianjurkan pula agar orangtua mendidik anak untuk terus melakukan kunjungan rutin kepada dokter gigi setelah ia besar, agar memiliki gigi yang sempurna.

Bukankah gigi yang sehat dan terawat akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang?