Jatuh dan terbetur di bagian kepala merupakan kejadian yang pernah dialami hampir semua anak. Entah itu ketika mereka sedang main, berlari-lari lalu saling bertabrakan, atau ketika terjatuh. Terbentur pada kepala bisa juga terjadi karena pukulan. Atau, istilah medisnya adalah trauma kepala. Bila dilihat dari jenis cederanya, trauma kepala dibagi menjadi tiga golongan berikut:

Trauma Kepala Ringan. Gejala: meski timbul luka atau benjolan, keadaan anak sevara keseluruhan bai, dalam arti tidak ada luka, muntah, dan kejang.
Trauma Kepala Sedang atau disebut Gegar Otak. Gejala: setelah benturan, anak mengalami kehilangan atau penurunan kesadaran untuk beberapa saat, dan lupa akan kejadian tersebut. Keadaan tersebut timbul karena adanya gangguan fungsi sel saraf otak, namun tanpa disertai kerusakan sel sarafnya.
Trauma Kepala Berat. Gejala: setelah benturan, anak tidak sadar dalam waktu yang lama, kira-kira 5 – 10 menit. Kemudian ditemui ada luka atau memar, kejang-kejang, dan muntah-muntah. Pada trauma berat, perdarahan yang terjadi bukan hanya di kulit saja, tapi sudah sampai ke dalam otak atau di tulang tengkoraknya.

Segera lakukan hal berikut setelah anak terbentur:

Bila anak masih bayi, rabalah bagian ubun-ubunnya, apakah menjendol atau tidak. Ubun-ubun yang menjendol menandakan adanya peningkatan tekanan dalam otak yang dapat terjadi karena edema otak atau perdarahan.
Bila menemukan luka benjolan atau memar yang berdarah, tekan luka menggunakan kasa atau kain yang steril, lalu baringkan anak dengan posisi kepala dan bahu agak dinaikkan.
Setelah perdarahan berhenti, tutup luka dengan plester. Segera cari bantuan medis jika luka cukup besar.
Terkadang, muncul lebam atau benjol akibat perdarahan di bawah kulit pada bagian kepala yang terbentur. Jika demikian, kompreslah dengan es untuk mengurangi lebam dan besarnya benjol.

PERHATIAN!!

Ada baiknya Anda terus memonitor Si Kecil selama 12 – 24 jam untuk memastikan tidak ada tanda-tanda cedera kepala serius yang muncul kemudian. Segera bawa ke rumah sakit jika anak Anda mengalami satu atau lebih tanda-tanda berikut ini:

Sempat tidak sadar setelah kepalanya terbentur
Merasa sakit kepala, pusing, mual dan muntah
Pandangan menjadi kabur
Ada gangguan pada bola mata, misalnya bola mata miring sebelah
Respon dan tingkat kesadaran menurun
Bagian kepala yang terbentur terasa lembek
Muncul lebam di sekitar mata atau di belakang telinga
Keluar darah atau cairan bening dari hidung dan telinga

semoga bermanfaat......^_^