Persiapan Sebelum "Si Mbak" Mudik
Setiap kali Lebaran datang, saatnya pembantu minta ijin mudik ke kampung halaman. Meski hal ini terjadi setiap tahunnya, tetap saja kerepotan menghadapi semua pekerjaan rumah akan terasa. Jangan stres, ada banyak cara untuk menyiasatinya, berikut tipsnya:

Tanggal mudik. Pastikan tanggal mudik pembantu dan kapan dia kembali. Sehingga Anda bisa mengatur jadwal kerja Anda di rumah selama pembantu pulang.

Kerja ekstra. Sebelum mudik, minta pembantu Anda membereskan sebanyak mungkin pekerjaan yang dapat dilakukan menjelang hari raya (sehari atau dua hari sebelumnya).

* Mencuci sekaligus menyetrika semua pakaian kotor (termasuk gorden, taplak meja, sprei, sarung bantal sofa)
* Mencuci peralatan dapur.
* Membersihkan rumah dan mengelap semua perabotan.
* Menyiapkan masakan tahan lama atau yang bisa disimpan di kulkas, memblender bumbu-bumbu masakan untuk stok sehingga memudahkan Anda memasak.

Bagi tugas. Ajak semua anggota keluarga untuk bergotong royong mengerjakan pekerjaan rumah. Buat jadwal pembagian tugas untuk masing-masing anggota keluarga. Libatkan anak-anak untuk pekerjaan ringan sesuai kemampuannya, sekaligus mendidik mereka agar lebih mandiri.

Bangun Pagi. Meskipun liburan, namun karena Anda harus mengerjakan berbagai pekerjaan rumah, sebaiknya bangun pagi lebih awal. Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan rumah sehingga Anda pun punya cukup waktu untuk istirahat. Selain itu, di pagi hari kondisi badan masih fresh, berenergi dan lebih semangat.

Hemat. Untuk meringankan pekerjaan rumah dan hemat energi, lakukan beberapa efisiensi.

* Atur pemakaian baju seperlunya sehingga tidak terjadi penumpukan baju kotor.
* Gunakan gelas minum sesuai keperluan dengan menandai gelas yang dipakai oleh masing-masing anggota keluarga, supaya tidak selalu ganti gelas baru setiap kali minum.
* Jaga kebersihan rumah, agar Anda tidak perlu ngepel setiap hari.

Layanan jasa. Jika diperlukan, gunakan tenaga sementara yang bisa dibayar perhari (pembantu infal) untuk membantu selama pembantu mudik. Namun, jika sulit menemukannya, gunakan layanan jasa yang bisa membantu meringankan beban pekerjaan. Misalnya, laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian atau jasa katering jika Anda tidak piawai memasak.