Anda dan suami bekerja di luar rumah? Anda tentu ingin memantau kondisi anak di rumah selama Anda tinggalkan. Menurut Anda, seberapa perlunya memberi ponsel kepada anak?
Terlepas dari keputusan untuk membelikan atau menunda, para orang tua harus mempersiapkan putra-putrinya dengan beberapa hal berikut :

1. Berdasarkan Kebutuhan
Biasakan untuk memberikan apapun kepada anak karena kebutuhan bukan karena kesenangan mereka. Tentunya pembiasaan ini dimulai sejak anak masih kecil. Misal anak meminta suatu jenis makanan. Maka kita tanyakan terlebih dulu apakah ia memang membutuhkannya. Jangan anak meminta hanya karena tertarik warna atau kemasannya.

2. Berikan Konsekuensi/Kesepakatan
Saat anak telah kita beri fasilitas ponsel atau komputer karena sikap atau prestasinya yang baik, maka ikuti dengan beberapa tanggung jawab di seputar fasilitas tersebut. Seperti tanggung jawab terhadap waktu dan cara pemakaian, atau tanggung jawab untuk merawatnya. Pastikan dalam tanggung jawab tersebut disertai dengan konsekuensi yang tegas jika melanggarnya.

3. Kritis dan Mandiri
Melatih anak untuk berfikir kritis dan memilih mana yang baik atau yang buruk secara mandiri. Sehingga dapat menghindarkan anak terjerumus pada kegiatan yang kurang baik. Orang tua tidak mungkin selalu mengontrol seluruh aktivitas anak, apalagi jika anak sudah menginjak remaja.

4. Komunikasi dan Curhat
Membangun komunikasi yang harmonis sehingga setiap permasalahan anak akan cenderung disampaikan kepada orang tuanya bukan orang luar. Seorang anak yang mempunyai keberanian untuk curhat kepada orang tuanya relatif mudah untuk diarahkan sesuai keinginan orang tua. Dan anak relatif lebih aman dan terhindar dari pengaruh negatif di sekelilingnya.

5. Jangan Gaptek
Usahakan orang tua juga meningkatkan kemampuan akan teknologi dan informasi. Sehingga setiap fasilitas yang akan diberikan kepada anak, orang tua dapat memprediksi apa saja yang bisa dilakukan oleh anak dengan alat tersebut. >> beritaterkinionline.com