erjalanan ke rumah membawa bayi Anda yang baru lahir tentulah harus dipersiapkan dengan baik agar bayi merasa nyaman. Bagaimana caranya?



Balutlah bayi dengan selimut, sarung tangan, kaus kaki, dan topi sehingga dapat menghangatkannya. Namun hindari menyelimutinya dengan bahan yang terlalu tebal yang dapat membuat bayi merasa kepanasan dan tidak nyaman. Sarung tangan bayi bertujuan untuk melindungi dan menghindarkan kulit wajah bayi dari luka goresan kukunya yang panjang (karena kebanyakan Ibu baru belum berani menggunting kuku bayinya).

Sebaiknya sarung tangan tidak dipakaikan dalam jangka waktu yang terlalu lama. Sarung tangan cukup dipakai bila suhu dingin, atau tangan bayi terlihat selalu meraba wajahnya.

Hindari bayi mengenakan sarung tangan saat ia berusia lebih dari sebulan. Pemakaian sarung tangan yang terlalu lama dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan sensorik dan motorik telapak tangan dan jemarinya. Bila tertutup sarung tangan, bayi tidak dapat merasakan sensasi dari benda yang disentuh dan dipegangnya. Contoh: sensasi bayi saat menyentuh wajahnya sendiri, atau wajah ayah Ibunya.

Pilihlah kaus tangan dari bahan yang halus untuk melindungi tubuh bayi yang lembut dan mudah tergores. Contoh: bahan yang terbuat dari katun halus, kaus, atau flannel. Demikian juga dengan kaus kaki. Saat musim hujan dan suhu dingin, pakaikan bayi kaus kaki berbahan wol. Namun hati-hati, jangan sampai ada benang yang terlepas pada bagian dalam kaus kakinya. Benang yang terlepas dapat membuat jari-jari kecilnya terlilit. Perhatikan juga bahan karet di lingkar kakinya agar tidak menekan jari dan mengganggu peredaran darahnya. .

Pilihlah kaus kaki yang masih menyisakan ruang kurang lebih setengah hingga satu setengah cm. Ruang ini akan memudahkan bayi menggerakkan jari-jarinya. Selalu jaga kebersihan kakinya. Hindari bayi menggunakan kaus kaki seharian penuh, walaupun cuaca sedang dingin. Jika kepanasan, kakinya akan lembab sehingga memberi kesempatan jamur tumbuh. Beri kesempatan kaki bayi terkena udara.

Bayi banyak mengeluarkan panas tubuh dari kepalanya. Untuk menjaga tubuhnya tetap hangat, tutuplah kepalanya dengan topi saat suhu dingin, atau saat Anda membawanya keluar rumah. PIlihlah topi yang terbuat dari bahan yang lembut dan halus. Jangan biarkan ia menggunakan topi dalam waktu lama.