Balita Ibu Tumbuh Besar dan Pintar

Melihat bayi Ibu tumbuh menjadi balita rasanya sungguh menakjubkan. Kadang tahap perkembangannya membuat Ibu bersuka cita, namun kadang juga membuat Ibu cemas dan mengerutkan dahi. Setiap anak memang unik, Bu. Sebagai seorang ibu, sudah sewajarnya Ibu memperhatikan setiap tahap perkembangannya agar bisa selalu memberikan stimulasi optimal.

Apa Saja yang Terjadi?

Setelah ia berulang tahun pertama, kemampuan si Kecil akan terlihat semakin bertambah. Selain belajar mengenal rasa dan tekstur makanan yang semakin beragam, balita akan mulai mengembangkan kemampuan eksplorasi, bicara, dan belajar.

Pola Makan

Meski mungkin Ibu sering ingin memperlakukan si Kecil sebagai orang dewasa kecil, sebaiknya ingat bahwa masih banyak periode pertumbuhan yang harus ia lewati. Oleh karena itu, Ibu tidak boleh lengah memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Secara umum, balita membutuhkan pola makan dengan kandungan lemak tinggi dan rendah serat dibanding pola makan orang dewasa.

Untuk memperoleh energi dan nutrisi berimbang, balita Ibu membutuhkan pola makan yang terdiri dari 3 kali makanan utama dan 2 kali camilan di antara jam makan tersebut. Ibu bisa mempelajari lebih detil tentang pola makan dan diet sehat balita di bagian Pola Makanan Balita di Bebeclub.

Si Kecil Makin Aktif dan Pintar

Menjelang ulang tahunnya yang pertama, Ibu harus siap mengawasi si Kecil yang mulai senang berjalan mengitari furnitur di rumah. Hanya butuh waktu beberapa bulan sesudahnya, balita Ibu akan bisa berjalan sendiri. Wah, sungguh senang melihatnya! Si Kecil akan mulai berjalan, berlari, bahkan melompat kian kemari.

Saat hampir berusia 2 tahun, si Kecil akan bisa membedakan tangan kanan dan kirinya dengan baik. Pada masa ini, biasanya Ibu akan dapat melihat tangan mana yang dominan digunakannya untuk beraktivitas. Ia pun akan mulai senang mencoret-coret, menendang bola, dan makan sendiri. Bahkan, si Kecil mulai bisa menyikat giginya sendiri, tentunya dengan sedikit bantuan dan pengawasan ya, Bu.

Seiring ketrampilan koordinasinya yang terus bertambah, si Kecil akan makin aktif lho, Bu. Siapkan diri untuk menahan debaran jantung saat melihatnya beraksi. Jangan kaget, ia akan suka memanjat, melompat dan berlari. Semua hal yang sebenarnya akan membuat otot balita semakin kuat. Untuk itu, pastikan ia memperoleh asupan nutrisi seimbang sesuai kebutuhannya agar ia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

bersambung ya bunda....