- Peran Motivasi

Saat si kecil bermain suatu permainan, ada satu peran vital orang tua yakni memotivasi. Dengan memberikan motivasi, si kecil akan semakin percaya diri dan yakin akan kemampuan yang ia miliki. Dalam hal ini, orang tua tidak perlu ikut terlibat langsung mengikuti permainan dengan si kecil. Contoh permainan yang memerlukan peran motivasi dari orang tua adalah permainan ketangkasan atau lomba.

- Peran Mengawasi

Peran mengawasi ini bisa ditujukan pada jenis permainan baik yang membutuhkan keterlibatan orang tua maupun yang tidak memerlukan keterlibatan orang tua saat si kecil bermain. Pengawasan mutlak dilakukan apapun jenis permainannya, terlebih bila si kecil masih berusia bayi ataupun balita. Hal ini untuk mencegah si kecil dari situasi yang tidak diinginkan, misalnya jatuh saat bermain, cedera karena terkena benda berbahaya saat bermain, atau kecelakaan akibat bertabrakan dengan teman atau lawan mainnya.

- Peran sebagai mitra bermain.

Sedangkan peran yang satu ini muncul ketika Bunda sebagai orang tua ikut terjun langsung dalam permainan bersama si kecil. Peran ini akan memunculkan rasa kekompakkan dan melatih si kecil untuk bisa bekerja sama saat bermain. Contoh permainan yang membutukan peran ini antara lain menyusun puzzle, lego, permainan ketangkasan orang tua dan anak, dan lain-lain.