Aktivitas pemberian makan bayi di saat si kecil sudah mulai mendapatkan makanan padat pertamanya, yaitu di usia 6 bulan atau MPASI, akan mudah jika anda memiliki perlengkapan makan di bawah ini.

Tempat duduk (plus meja). Tempat duduk untuk bayi haruslah yang kokoh, stabil dan nyaman dengan tinggi yang sesuai untuk posisi kita saat menyuapinya. Agar memudahkan, anda bisa pilih kursi bayi yang lengkap dengan meja yang gampang dilepas. Jadi saat ia sudah bisa duduk sendiri tanpa ditopang, anda bisa mendudukkannya di kursinya, agar berada satu meja makan yang sama bersama anggota keluarga yang lain. Anda bisa makan sendiri dan juga menyuapinya di saat yang bersamaan. Si kecil pun bisa terlibat dalam acara makan keluarga.

Sendok kecil: Sebaiknya siapkan sendok kecil khusus untuk bayi yang dilapisi plastik karena akan lebih nyaman dan aman bagi gusinya. Anda bisa menyediakan beberapa sendok warna-warni agar menarik bagi bayi.

Celemek bayi. Dalam memilih celemek makan bayi, pentingkan fungsi dibandingkan desain. Sebaiknya pilihlah celemek yang berukuran besar, mudah dipakai dan dilepas (sebaiknya jangan pilih sambungan tali melainkan sambungan yang tinggal tempel), dan mudah dicuci.

Tikar: Tikar dapat berupa lembaran plastik untuk diletakkan di bawah kursi bayi agar melindungi lantai atau karpet dari tumpahan makanan atau minuman. Anda juga bisa menggunakan kain yang sudah tidak dipakai, seperti taplak, handuk, atau alas piring makan.

Mangkuk plastik: Pilih mangkuk yang nyaman untuk dipegang, memiliki tutup agar bisa dibawa keluar ruangan, berwarna cerah dan bergambar menarik dengan bentuk yang manis. Selain itu, mangkuk yang ideal adalah yang aman digunakan untuk microwave sehingga anda dapat dengan mudah menghangatkan sisa makanan.

Gelas: Biasanya bayi sudah siap untuk mencoba minum dari gelas khusus bayi sejak umur 6 bulan hingga setahun. Anda bisa memilih gelas yang memiliki tutup atau katup yang menjaga air tidak tumpah meski jika gelas dibalik atau dibanting. Gelas dengan sedotan yang lembut, lentur dan menyerupai bentuk puting akan membuat peralihan minum dari botol ke gelas menjadi lebih mudah.