food mill adalah perangkat berupa wadah yang memiliki berbagai pisau yang berbeda untuk menghasilkan tekstur makanan yang berbeda. Cara menggunakan alat ini adalah memutar gagang pisau dengan menggunakan tangan. Dengan alat ini, Ibu dapat mengatur kelembutan tekstur makanan nasi saring. Banyak orang tua menggunakan peralatan ini karena tidak menggunakan listrik.
• baby food grinder, adalah perangkat yang dapat digunakan untuk menghaluskan makanan si Kecil, ekonomis dan tidak menggunakan listrik, namun Ibu tidak dapat memilih tingkat kelembutan makanan yang dihasilkan.
• hand blender adalah peralatan dengan menggunakan listrik yang dapat membuat makanan si Kecil menjadi bentuk pure seperti pada blender biasa. Namun pada hand blender kita menggunakannya dengan memasukkan ke dalam wadah berisi makanan, sedangkan pada blender biasa kita memasukkan makanan yang akan dihaluskan ke dalam wadah blender.
• food processor. Ibu mungkin telah memiliki jenis alat ini yang biasa digunakan untuk menghaluskan daging sebelum di masak. Alat jenis ini mungkin hanya efektif untuk memroses bahan makanan dalam jumlah yang banyak untuk keperluan Ibu memasak, namun tidak begitu efektif untuk melakukan porsi kecil seperti nasi saring untuk si Kecil.
• saringan kawat dan sendok. Ibu dapat memperoleh jenis saringan ini di pasar penjual perlengkapan dapur. Alat sederhana dan sangat ekonomis ini dapat digunakan untuk menghaluskan nasi tim saring si Kecil dengan cara meletakkan makanan yang telah ditim ke dalam saringan dan geruslah dengan belakang sendok. Namun, kadang kala lubang kawat saringan terlalu kecil sehingga agak sukar untuk menggerus serat sayur dan daging, sehingga banyak makanan yang tidak tersaring tersisa di atas saringan.
• garpu. Alat sederhana ini tentu dengan mudah ditemukan di dapur dan dapat digunakan untuk menghaluskan makanan si Kecil dengan mudah dan ekonomis, seperti kentang rebus, buah avokat, dan pisang.
Pilihlah peralatan sesuai dengan kebutuhan makan si Kecil. Ibu dapat menggunakan peralatan yang sudah ada di rumah. Jika Ibu belum memilikinya, Ibu dapat memilih peralatan yang berkualitas baik dan terjangkau oleh Ibu”