Stres yang dialami bayi disebabkan karena berbagai hal. Semakin dini mengetahui penyebab, semakin mudah penanganannya.

Rasa sakit dan tidak nyaman yang dirasakan oleh si kecil bisa menjadi pemicu stres. Bila orang dewasa dengan mudah mengeluhkan apa yang dirasakan, maka bayi belum bisa melakukannya dan akan menunjukkannya lewat tangisan. Jika pelukan Anda tidak bisa menenangkannya, segera bawa dia ke dokter.

Cuaca yang tidak mendukung, misalnya udara terlalu dingin atau terlalu panas. Segera atasi ketidaknyamanan tersebut dan pahami kebutuhannya. Misalnya tambahkan selimut jika ia kedinginan dan nyalakan AC/ kipas angin jika suhu terlalu panas.

Merasa tidak nyaman dengan kondisi sekitarnya juga bisa membuat si kecil stres. Misalnya, pergantian pengasuh baru. Jika memang faktor penyebabnya adalah perawatan pengasuh yang memang tidak nyaman, tidak ada jalan lain kecuali menggantinya.

Suasana rumah yang terlalu ramai kerapkali membuat si kecil merasa tidak tenang beristirahat. Mulai sekarang cobalah menciptakan kondisi rumah yang menyenangkan dan tenang bagi si kecil.

Si kecil merasa diabaikan. Misalnya Anda terlalu sibuk dengan urusan lain sehingga sering meninggalkan si kecil tidur atau bermain sendirian. Jika Anda ibu bekerja, maka atur waktu sebaik mungkin bagi si kecil Anda agar ia tidak merasa kesepian.