Mendengkur mungkin hal yang biasa saja bunda. Tetapi ternyata mendengkur bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan pada pernafasan bagian atas, jika mendengkur membuat kualitas tidur si kecil terganggu, ada baiknya bunda mengetahui beberapa hal yang mungkin menyebabkan si kecil banyak mendengkur. Kekurangan tidur untuk si kecil bukanlah suatu hal baik, bisa berdampak pada daya tahan tubuhnya, rewel, hiperaktif, kurang konsentrasi, serta lambat dalam mengambil keputusan.

Simak yuk bunda, apa saja penyebab si kecil suka mendengkur.

1. Bentuk fisik bawaan.
Jika si kecil punya hidung yang bengkok kecenderungannya akan mendengkur saat tidur, atau bibir sumbing juga bisa menyebabkan si kecil selalu mendengkur saat tidur.

2. Si kecil mempunyai alergi tertentu.
Alergi merupakan respon berlebihan terhadap rangsangan tertentu, banyak juga ditemukan pada anak-anak. Biasanya si kecil dengan alergi lebih sering flu, batuk-batuk, dan sembuh lebih lama dibanding si kecil yang tanpa alergi. Bisa juga sering mengalami gangguan tidur.

3. Si Kecil memiliki infeksi hidung kronik.

4. Adenoid si kecil membesar.
Adenoid merupakan salah satu tonsil atau amandel yang terdapat didaerah dalam hidung.

5. Si kecil yang kegemukan juga memiliki risiko mendengkur saat tidur lebih tinggi daripada berat badan yang normal.

Ada baiknya bunda mengecek dengkuran si kecil saat si kecil tidur. Jika merasa dengkurannya berlebihan ada baiknya konsultasi dengan dokter THT, untuk memastikan si kecil baik-baik saja. >>>bettermomtoday