Mata merah dan rasa gatal di mata bisa disebabkan berbagai hal, mulai dari paparan debu, alergi, kedinginan, angin atau sinar matahari, serta kosmetik.

Jangan menyembuhkan mata gatal dan merah dengan menggosok mata Anda. Hal tersebut justru akan menyebabkan peradangan yang lebih parah. Pasalnya, alergen atau bakteri akan terdorong lebih dalam di mata, sehingga rasa gatal semakin meningkat.

Untuk mengatasinya dapat dengan selalu cuci mata Anda dengan air segar dan bersih setelah pulang dari bepergian. Partikel debu dan polusi merupakan penyebab umum timbulnya mata merah dan gatal. Selain itu untuk membuat mata nyaman saat beraktivitas, dapat juga ditetesi air mata buatan agar mata tidak terlalu terasa kering dan gatal.

Mata bisa menjadi sensitif apabila Anda terlalu lama menatap layar komputer, sehingga dapat meningkatkan iritasi. Bila mata Anda berair atau gatal, hindari menggunakan komputer atau laptop. Jika Anda memang harus menatap layar komputer atau laptop, ambil waktu sebentar untuk mengistirahatkan mata Anda.