Tidak ada seorang pun yang menginginkan terjadi kecelakaan pada keluarga tercinta. Namun keadaan darurat bisa saja terjadi dimana saja termasuk di dalam rumah anda sendiri. Untuk itu diperlukan kotak P3K untuk memberikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke rumah sakit.

Banyaknya produsen yang menjual kotak P3K beserta isinya yang ada di pasaran terkadang kurang lengkap. Lebih baik, anda membeli kotak dan isinya secara terpisah agar segala kebutuhan keluarga terpenuhi.

Letakkan posisi kotak P3K jauh dari jangkauan anak-anak untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Namun, letakkan kotak obat-obatan tersebut yang mudah dicari agar pada saat terjadi sesuatu mudah untuk menemukannya.

Untuk isi, pastikan anda memenuhinya dengan perlengkapan medis dasar seperti pembersih antiseptik, plester, alkohol, kain kasa, perban, salep antibiotik, obat luka, gunting serta pinset. Sesuaikan jumlah bahan-bahan tersebut dengan jumlah anggota keluarga anda.

Lengkapi kotak P3K anda dengan nomor-nomor penting seperti nomor rumah sakit terdekat atau dokter langganan.

Atur isi dari perlengkapan P3K ini menjadi beberapa bagian. Misalnya bagian pertama cukup diisi dengan bahan-bahan ringan seperti salep, perban atau plester. Sementara bagian yang lain bisa anda isi dengan bahan obat-obatan seperti obat alergi, obat asma atau obat batuk. Dengan begitu anda tidak perlu mengotak atik semua isinya.

Tip: Pastikan untuk mencek secara teratur segala kelengkapan dari peralatan kotak P3K anda apakah ada yang sudah kadaluwarsa atau yang harus dibuang karena rusak.