Pengobatan dengan Lidah Buaya

*
Kupas 1/2 pelepah daun lidah buaya, haluskan dagingnya dalam gelas. Tambahkan 1 gelas air panas dan 1 sendok makan madu, minum. Dapat menyembuhkan radang tenggorokan dan batuk rejan (batuk yang membandel).
*
Wasir: Buang duri daun lidah buaya, parut. Tambahkan sedikit air masak, peras dan saring. Minum 3 kali sehari, boleh dibubuhi dengan madu. Jika wasir terasa sakit, oleskan sebagian parutan lidah buaya yang dicampur bawang putih halus ke anus.
*
Potong-potong lidah buaya, setelah dibuang durinya. Rebus hingga airnya berkurang separuh. Minum hangat 3 kali sehari sehabis makan. Lidah buaya berkhasiat menurunkan gula darah penderita diabetes.
*
Untuk menurunkan kadar kolesterol darah, minum jus lidah buaya, lalu blender bersama apel yang telah dibuang bijinya (tanpa dikupas). Bubuhi jeruk nipis. Harus segera diminum.
*
Atasi sembelit dengan minuman lidah buaya. Pilih daun lidah buaya yang besar, kupas, potong-potong. Seduh dengan air mendidih. Setelah hangat, bubuhi madu. Minum seluruhnya bersama lidah buaya.
*
Baru saja terkena luka bakar atau tersiram air mendidih? Kupas lidah buaya, remas-remas, oleskan ke bagian yang sakit. Sari lidah buaya bersifat mendinginkan, segera menyembuhkan serta merangsang pertumbuhan sel baru.
*
Bisul, jerawat: kupas lidah buaya, tambahkan sedikit tepung beras, remas-remas. Oleskan pada bisul, ulangi 3 kali sehari. Untuk jerawat, oleskan ke wajah sebagai masker, diamkan 30 menit sambil berbaring, lalu bilas dengan air.
*
Gosokkan lidah buaya ke seluruh kulit kepala. Diamkan satu jam. Bila perlu tutup dengan handuk lembab yang hangat. Keramas dengan sampo lembut. Berkhasiat menyuburkan rambut.

Satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah wanita hamil dan wanita yang sedang haid dilarang menggunakan lidah buaya sebagai obat dalam (diminum/dimakan) karena dapat meluruhkan haid. Begitu pula jika sedang diare atau hilang nafsu makan. (Obat Alami Nirmala)