Minuman berkafein seperti kopi, teh dan minuman bersoda merupakan stimulan sistem saraf yang tentunya dapat membawa efek buruk. Salah satu efek sampingnya adalah menyebabkan benjolan atau kista di payudara.

Banyak wanita yang mengeluhkan adanya benjolan kista atau kanker jinak di payudaranya. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut, termasuk usia, hormon dan faktor makanan tertentu seperti yang mengandung kafein.

Kafein memang tidak secara langsung menyebabkan benjolan jinak di payudara, tapi dalam jumlah besar dapat menyebabkan kadar hormon berfluktuasi sehingga menjadi penyebab nyeri dan kista di payudara.

Dilansir Livestrong, Kamis (11/11/2010), berikut efek buruk pada payudara karena mengonsumsi kafein:

1. Benjolan di payudara
Kafein bisa menyebabkan payudara fibrokistik, yaitu mengandung sel-sel yang mengumpulkan cairan dalam kista yang sering membuat benjolan atau gumpalan di payudara. Karakternya berupa benjolan bulat yang bergerak bebas si payudara. Benjolan ini sering lembut ketika disentuh.

Benjolan ini bisa bersifat permanen atau sementara. Gejalanya akan semakin buruk sebelum haid dan di awal kehamilan. Payudara fibrokistik karena asupan kafein biasanya tidak meningkatkan risiko kanker payudara.

2. Sakit di payudara
Selain menyebabkan benjolan, kafein juga menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada payudara. Asupan kafein dapat memperparah rasa sakit bila Anda telah menderita payudara fibrokistik sebelumnya. Menurut Georgetown University Department of Medicine, rasa sakit ini bisa datang terus menerus atau hanya kadang-kadang.

3. Payudara menjadi padat
Penelitian di University of Rochester Medical Center menunjukkan bahwa asupan tinggi kafein yang menyebabkan perubahan fibrokistik di payudara juga bisa menyebabkan daerah tertentu di payudara menjadi padat.

Untuk menghindari terjadi benjolan di payudara, sebaiknya kurangi dan hentikan kebiasaan mengonsumi kafein. Selain itu, diet tinggi serat, mengonsumsi makanan laut serta asupan vitamin A, vitamin E dan yodium juga bisa mencegah terjadinya kista payudara.