Bagi sebagian orang tua yang memiliki anak usia pre-school, bulan Januari merupakan bulan-bulan sibuk mencari sekolah terutama Taman Kanak-Kanak (TK). Bahkan untuk pilihan TK pavofit, adakalanya para orang tua harus berjuang mendaftarkan putra/putrinya di tahun-tahun sebelumnya.

Memilih TK bagi buah hati tercinta, bisa dikatakan susah-susah gampang. Menjamurnya TK dengan iming-iming berbagai macam keunggulan yang ditawarkan, membuat orang tua kerap kesulitan dalam memutuskan TK pilihan. Hal ini akan menjadi mudah bila para orang tua telah mempunyai gambaran yang jelas akan TK yang akan dipilih untuk buah hatinya.
Panduan berikut kiranya dapat membantu para orang tua dalam mencari dan menetapkan TK ideal bagi buah hati tersayang.

1. Tetapkan konsep TK ideal

Konsepkanlah kualitas seperti apa yang dicari dari suatu sekolah. Latar belakang sekolah yang diharapkan, apakah sekolah umum, agama, seni, alam atau bilingual, dan lain-lain

Bila perlu buatlah list yang berisi daftar pernyataan/harapan untuk menjawab konsep TK ideal. List tersebut akan memudahkan langkah dalam merumuskan konsep sekolah yang ideal untuk buah hati tercinta.

Misalkan untuk orang tua yang menginginkan putra/putrinya mampu menguasai bahasa Inggris sedari dini, maka konsep sekolah dengan system pengajaran bilingual yang ditetapkan sebagai pilihan.

2. Mulai Mencari

Bila konsep sekolah yang diinginkan sudah diketahui, mulailah mencari sekolah diawali dari lokasi terdekat dengan rumah. Cari tahu melalui orang-orang terdekat seperti tetangga dan saudara atau guru-guru dari play group, bila sang buah hati sudah pernah bergabung dengan suatu play group.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya. Hal-hal berikut dapat dijadikan acuan untuk membuat list informasi seperti: lokasi sekolah, teacher performance, fasilitas sekolah, metode pengajaran, biaya, waktu enrollment, daya tampung, ada atau tidaknya seleksi masuk, dll.

3. Survey Sekolah

Dengan melakukan survey, para orang tua dapat mencocokkan informasi yang diterima sebelumnya dengan melihat keadaan sekolah dan beradaptasi langsung dengan lingkungan atau penanggung jawab sekolah.

Beberapa sekolah biasanya menyelenggakan open house, hadirilah untuk menggali lebih dalam informasi sekolah yang dituju.

4. Tentukan pilihan dan mendaftar

Setelah banyak informasi yang diserap baik dari pihak luar atau para orang tua sendiri, kini saatnya mendaftarkan buah hati tercinta ke TK pilihan. Catat dan ingatlah waktu enrollment dan siapkan semua berkas serta dana yang diperlukan.

Jika memilih TK yang mewajibkan proses seleksi terhadap calon siswa, persiapkanlah putra/putri tercinta untuk berada dalam keadaan sehat selama proses seleksi berlangsung. Siapkanlah pilihan sekolah lain sebagai antisipasi tidak lolos atau masuk dalam kategori waiting list di sekolah pilihan pertama.