Beberapa perbedaan yang mendasar antara kehamilan pertama dan kedua, yaitu :

>>Kehamilan kedua lebih singkat

Hal ini dikarenakan Anda akan disibukan untuk mengasuh si sulung, sehingga tidak memiliki waktu untuk mengamati perubahan selama kehamilan. Banyak para ibu merasa pada kehamilan kedua lebih cepat dari perkiraan tanggal kehamilan. Penelitian juga telah menyebutkan bahwa, kehamilan pertama memang lebih lama dibandingkan kehamilan berikutnya.

>>Ketidaknyamanan fisik akan terasa lebih cepat

Anda akan mengalami beberapa ketidaknyamanan seperti varises, sakit pinggang dan lainnya sama seperti yang dialami saat kehamilan pertama. Hal ini akan lebih cepat dialami saat kehamilan kedua. Namun, pada kehamilan pertama morning sickness memang lebih buruk dibandingkan dengan kehamilan berikutnya.

>>Proses persalinan yang berbeda

Proses persalinan pada kehamilan pertama telah dilewati dengan rasa sakit yang tidak tertahankan, trauma, dan lainnya yang dirasakan saat persalinan pertama. Pada proses persalinan kedua tentu Anda telah mempersiapkan dan menghindari hal-hal yang tidak disukai saat persalinan pertama dan tahu bagaimana cara mengatasinya dengan baik.

Para ibu yang telah mengalami kehamilan lebih dari sekali, dapat melihat perbedaan yang dialami saat kehamilan pertama. Jadi pada kehamilan kedua dan kehamilan berikutnya, Anda telah mengetahui masa-masa sulit yang dirasakan pada kehamilan sebelumnya dan cara pencegahannya.