Mommy, Anda dan saya mungkin ada yang pernah mengalami perubahan warna hitam di leher, ketiak, dan wajah. Perasaan risi pasti muncul padahal kita juga sudah mandi, membersihkan tiap saat tapi masih saja ada warna hitam tidak menyenangkan itu. Nah Mom, kita akan membahas apa yang jadi penyebabnya dan bagaimana cara mengurangi warna hitam itu.



PENYEBAB

Mommy, penyebabnya adalah karena hormon MSH (Melanocyte Stimulate Hormone) dan peningkatan hormon Progesteron hormon kehamilan ini merangsang terjadinya perubahan pigmentasi kulit yang menyebabkan wajah, ketiak, leher, puting susu menjadi lebih gelap/ hitam. Ini adalah hal yang terjadi secara alamiah pada ibu hamil. Tidak hanya dibagian leher, ketiak, puting perubahan penggelapan warna juga terjadi di perut atau dan garis dari pusar ke bagian pugbis.



CARA MENGATASINYA

Mommy, tidak perlu kuatir dan merasa rendah diri. Hal ini akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan. Untuk menguranginya rawatlah kulit Anda dengan minyak zaitun yang di jual di supermarket. Gunanya agar kulit Anda tetap lembab dan menghindari kekeringan. Selalu rajin membersihkan wajah dan leher dengan milk cleanser dan air (tidak harus dengan toner) dan rajin memberi pelembab setelah mandi. Bisa memakai masker bengkoang alami (tanpa bahan kimia) dengan cara di parut kemudian sari pati bengkoangnya di pakai sebagai masker.



Semoga bermanfaat ^^