Tugas menjadi ibu setelah melahirkan ternyata masih banyak. Selain harus menjaga dan memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak, menyuplai asupan bergizi juga penting. Cara yang termudah untuk memenuhi gizi itu adalah dengan memberikan ASI alias menyusui secara eksklusif. Sayangnya seiring berjalannya waktu niat untuk menyusui itu kendor karena alasan jumlah air susu yang terbatas. Bagi Moms yang merasakannya jangan patah semangat ya, coba untuk mengkonsumsi sayur-sayuran ini buat membancarkan ASI.

1. Daun Katuk
Daun yang satu ini sudah menjadi makanan legendaris bentuknya hampir sama dengan bayam dengan helai daun lebih kecil-kecil. Di dalam daun banyak terdapat protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan vitamin C. Selain itu kandungan alkaloid, asam seskuiterna, serta sterolnya bisa mempengaruhi produksi ASI. Selain itu kandungan vitamin C nya membuat Ibu menyusui tidak perlu menambah asupan vitamin dari luar karena sudah cukup. Untuk mengolah sayur ini masak dengan bumbu bening atau di bobor santan.

2. Bunga Pepaya
Makanan ini sangat populer di Indonesia Timur, mulai dari Sumbawa sampai Papua. Bentuk sayurannya berwarna kuning pucat dan terkadang dimasak tumis bersama daun singkong. Berbeda dengan daun pepaya, bunganya ini tidak mengandung rasa pahit. Enzim papain yang terdapat di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat pencernaan protein. Apalagi saat menyusui dibutuhkan protein yang sangat banyak dibanding kebutuhan normal. Selain itu bunga pepaya ini bagus buat menambah nafsu makan serta memiliki kalsium serta fosfor yang cukup tinggi disamping vitamin A dan C.

3. Semangka
Buah merah dan merona ini sering menjadi kambing hitam penyebab pilek anak. Padahal ketika menyusui semangka sangat berguna karena memiliki vitamin A dan C yang cukup tinggi. Kadar air dalam semangka bagus buat asupan cairan tubuh dalam sehari ibu menyusui memang diharuskan untuk minum sebanyak 8 gelas sehari baik dalam rupa jus, kafein dan susu.

4. Edamame/Kedelai
Buah ini merupakan kesukaan orang jepang yang merupakan sumber protein nabati yang tinggi. Edamame mengandung vitamin K, mangan, asam folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui. Ini untuk ganti bila sedang bosan makan ikan, unggas atau daging sebagai sumber protein, coba saja edamame. Kekurangan protein bisa membuat produksi air susu berkurang, bahkan cadangan protein dalam tubuh akan ikut berkurang. Oleh sebab itu edamane rebus atau dipakai campuran telur dadar sangat baik untuk membantu.

5. Pare
Meski pahit, buah ini sangat bermanfaat. Vitamin C yang ada di dalamnya berfungsi untuk anti oksidan yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan. Di dalamnya terdapat kandungan fitokimia lutein dan likopen salah satu zat penghasil insulin. Oleh sebab itu bagus untuk ibu menyusui penderita diabetes mellitus karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Pare juga dikenal sebagai antikanker, antibiotik antivirus, dan pembasmi cacing usus.

Cara mengolahnya ditumis dengan ditambah teri medan buat menyamarkan rasa pahit.