Dua retailer yang diketahui menjual sepatu high heels untuk anak adalah Accessorize dan Next. Sepatu high heels untuk anak ini sebenarnya terinspirasi dari gaya berbusana putri Tom Cruise dan Katie Holmes, Suri Cruise.

Suri yang baru berusia empat tahun itu kerap tertangkap kamera memakai sepatu dengan hak setinggi 5 cm. Ia juga tampak memakai lipstik di bibirnya.

Retailer Accessorize sejak Kamis (23/9/2011) lalu sudah mulai menjual sepatu high heels ala Suri Cruise itu. Sepatu seharga 25 poundsterling itu dinamakan 'cha-cha-cha'.

Sepatu tersebut merupakan rangkaian dari busana pesta yang dijual di tempat tersebut. Sepatu high heels itu dijual mulai dari ukuran tujuh yang biasanya bisa dipakai oleh anak berusia tiga tahun.

Organisasi yang beranggotakan para orangtua merasa prihatin dengan trend sepatu high heels untuk anak ini. Mereka pun meminta agar pihak retailer stop menjual jenis sepatu tersebut karena bisa membuat anak berkembang terlalu cepat.

"Orangtua harus bisa berkata tidak. Seorang anak seharusnya berbusana seperti anak-anak," ujar Rita O'Reilly dari Parentline seperti dikutip dari Daily Mail.

Ditambahkan Rita, jika orangtua memakaikan anak mereka sepatu high heels, artinya orangtua tersebut membuat si anak bergaya bak orang dewasa. "Membuat anak memakai busana orang dewasa bisa mempengaruhi seksualitas mereka dan membuat mereka tumbuh lebih cepat sebelum waktunya," jelasnya lagi.

Pakar kesehatan kaki dari Irlandia, Dr Joseph Kelly juga mengungkapkan kekhawatirannya soal sepatu high heels untuk anak ini. Ia memperingatkan kalau sepatu jenis tersebut dapat mendatangkan masalah di masa depan. Sepatu itu mengubah bagaimana seharusnya berat didistribusikan di kaki.

Saat memakai high heels, berat tubuh menjadi ditumpukan pada telapak kaki bagian depan dan ibu jari. Padahal seharusnya berat tersebut didistribusikan ke seluruh kaki dengan seimbang.

"Sehingga kemungkinan terjadinya pergelangan kaki terkilir jadi lebih besar," jelasnya.

Dr Joseph mengatakan, sepatu high heels untuk anak seharusnya dijual dengan ditambahkan sedikit catatan. Saat memakai sepatu tersebut, anak harus benar-benar dalam pengawasan orangtua dan bukan untuk dipakai sehari-hari.