Kegemukan yang berlebihan pada anak, memiliki resiko penyakit kronis seperti diabetes militus, jantung, tekanan darah tinggi, sesak napas, sulit beraktifitas hingga gangguan pubertas pada anak perempuan. Obesitas anak memang harus dihindari sejak dini, dengan mengurangi makanan yang memiliki kandungan lemak.

Kegemukan pada anak memang terlihat lucu dan menggemaskan, namun hal ini akan berbahaya jika tidak diperhatikan hingga mereka besar nantinya. Bukan hanya bermasalah pada penampilan, obesitas anak akan memperburuk kesehatan. Jadi bagi orangtua perhatikan pola makan anak berlebihan, agar anak Anda tidak mengalami berat badan yang berlebihan.

Beberapa ahli telah menyimpulkan bahwa obesitas merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Bagi orangtua yang memiliki anak obesitas, cobalah untuk memeriksakan mereka ke dokter dan berusahalah untuk mengambil langkah menurunkan berat badan, agar terhindar dari segala macam penyakit yang berbahaya.

Langkah pertama yang bisa orangtua lakukan untuk mengatasi obesitas anak adalah mengajarkannya pola hidup sehat. Mengajak anak melakukan aktifitas fisik dengan berolahraga secara rutin, memberikan makanan sehat sesuai dengan porsinya. Ingatlah untuk tidak memberi asupan nutrisi lebih dari 1.600 per hari, karena ini akan berisiko berat badan anak tidak akan turun.

Obesitas anak dapat dihindari ketika Anda sudah menerapkan pola hidup sehat sedari dini dan tentunya menjadi contoh yang baik. Nantinya pola hidup sehat ini tentunya akan terus diingat oleh anak bahkan jika sudah berkeluarga nanti.