Bunda.... Musim Hujan berkepanjangan udah datang nih..... banjir pun juga sdh banyak terjadi di beberapa daerah, tentunya kita harus waspada bahaya penyakit yang datang di kela musim hujan, sedia payung sebelum hujan, benar pribahasa ini sebelum penyakit datang kita harus siap sedia obat-obatan di musim hujan.

Saat musim hujan dan terjadi banjir, biasanya orang akan menjadi mudah terserang berbagai penyakit jika tak menjaga kondisi tubuhnya dengan baik. Beberapa penyakit yang harus Anda waspadai saat terjadi banjir adalah penyakit kulit, diare, demam berdarah, ISPA, dan lainnya. Agar tidak kebingungan saat Anda dilanda penyakit tersebut, Anda bisa menyiapkan beberapa obat-obatan di rumah. Berikut Sharing di Sini Obat-obatan yang perlu Anda sediakan saat musim hujan dan banjir:

1. Paracetamol
Paracetamol sangat penting disiapkan terutama bagi Anda yang mempunyai bayi dan anak-anak. Selain anak-anak, orang dewasa juga mudah terserang demam jika cuaca hujan/banjir. oleh karena itu sediakan paracetamol di rumah Anda ketika cuaca sudah memasuki musim hujan.
2. Obat batuk dan pilek
Cuaca dingin disertai hujan membuat daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terkena infeksi. Penyakit yang mudah dialami saat cuaca seperti itu biasanya batuk dan pilek. Untuk itu, obat batuk dan pilek penting disediakan sebagai pertolongan pertama atau paling tidak mengurangi gejala yang lebih parah.
3. Obat diare
Saat terjadi banjir, biasanya masyarakat akan sulit untuk mendapatkan air bersih. Minimnya air bersih juga rentan menularkan berbagai kuman yang menyerang saluran pencernaan, seperti diare. Diare akibat infeksi bakteri di saluran pencernaan harus segera diatasi. Untuk itu sangat penting untuk menyiapkan obat diare di rumah.
4. Obat gatal-gatal kulit
Saat musim hujan dan banjir, bisanya air sumur/pam tak jarang juga ikut keruh / tidak bening. Tak jarang mengakibatkan kulit menjadi gatal-gatal karena cuci dan mandi memakai air kotor. Sebaiknya siapkan cairan anti kuman saat mandi atau menyiapkan obat gatal-gatal di rumah, seperti bedak talk atau krim/salep gatal.
5. Obat herbal masuk angin
Musim dingin memang membuat badan menjadi riskan masuk angin. Yang ditandai dengan perut mual, kembung, mual, diare, kedinginan dan tidak nafsu makan. Untuk itu, obat masuk angin perlu disiapkan di rumah.
5. Vitamin
Jika sudah memsauki musim hujan, anda harus menjaga kesehatan agar fit. Biasanya nyamuk DBD mulai mewabah, bakteri ada dimana-mana di lingkungan yang sangat basah dan kurang bersih. Asupan vitamin sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh anda, agar tidak mudah terserang penyakit. Anda bisa mengonsumsi berbagai vitamin, seperti vitamin C dan B komplek. Kedua vitamin itu sangat baik untuk daya tahan tubuh Anda.
6. P3K
Saat terjadi bencana banjir, baik Anda berada di jalan atau di rumah, selalu sediakan kotak P3K. Sehingga jika ada masyarakat yang terluka / terjadi kecelakaan karena banjir, obat-obat yang ada dalam P3K itu, seperti betadine, perban, dan lainnya dapat membantu mengatasi memberikan pertolongan awal.
Dengan menyediakan obat-obatan tersebut, setidaknya Anda dapat mencegah agar kondisi tubuh tak semakin parah saat cuaca buruk.

Jadi sudahkan bunda menyiapkanya di rumah bagi anggota keluarga????