Jangan remehkan kekuatan nyanyian dan lagu lembut pengantar tidur. Bayi prematur yang sedang dalam masa pemulihan lebih cepat pulih jika sang ibu menyanyikan lagu pengantar tidur untuknya, dibandingkan bayi prematur yang tidak mendengar lagu. Inilah hasil penelitian terbaru yang membuktikan bahwa cinta orang tua melalui lagu bisa dipahami oleh bayi sekalipun.

Dilansir dari situs dailymail.co.uk, bayi prematur yang mendengar lagu pengantar tidur akan membuat kondisi mereka lebih tenang. Detak jantung mereka akan lebih stabil, membuat bayi mudah tidur dan meningkatkan nafsu makan, sehingga berat badan mereka bisa ideal. Berat badan yang ideal akan membuat bayi prematur lebih cepat pulang ke rumah.

Lagu pengantar tidur lembut yang dinyanyikan orang tua bayi memiliki dampak yang lebih positif, terutama untuk meningkatkan fungsi pernapasan dan jantung. Penelitian yang dilakukan di Beth Israel Medical Centre, New York juga menunjukkan bahwa lagu yang dinyanyikan orang tua dapat mempererat ikatan dengan sang bayi. Orang tua juga dapat lebih tenang dan menurunkan risiko stres jika menyanyikan lagu untuk buah hatinya.

Selain lagu yang dinyanyikan orang tua, mendengarkan musik lembut seperti musik klasik dapat menurunkan rasa sakit yang diderita bayi prematur. Perawatan yang dialami bayi selama masa pemulihan cukup menyakitkan, misalnya prosedur pengambilan darah dan suntikan. Karena itu, mendengarkan musik lembut dapat mengurangi rasa sakit mereka.

Bunda, jangan ragu menyanyikan lagu lembut untuk bayi Anda.