Ketika Ibu baru melahirkan si kecil, banyak sekali nasihat dan masukan dari kerabat mengenai cara merawatnya. Bahkan ada yang mulai memberi masukan berdasarkan mitos-mitos yang sudah dilakukan secara turun temurun di dalam keluarga atau bahkan di lingkungan sosial. Jangan terburu-buru menuruti semua masukan yang diberikan. Mommy harus bisa membedakan mana mitos yang benar dan mana yang salah.

Jemur si kecil di pagi hari
Mitos menjemur si kecil di pagi hari tidak sepenuhnya benar. Ia memang perlu dijemur untuk menghangatkan tubuhnya, namun tidak pelru setiap hari dan cukup 10 menit saja. Terutama untuk kulit si kecil yang kuning, sinar matahari pagi dapat menguraikan bilirubin menjadi senyawa yang latur dalam air dan keluar sebagai urin.

Susu botol saat tidur
Memberi susu dalam botol memang membuat Ibu lebih praktis dan si kecil akan segera tertidur lagi. Namun hal ini dapat mengganggu perkembangannya karena endapan susu dapat mengendap di gusi. Selain itu si kecil juga mudah terkena infeksi telinga karena susu yang diminum dapa tmasuk ke saluran eustachius. Jadi ada baiknya jika Ibu memberikan susu sambil memangku agar kepala lebih tinggi daripada badannya.

Air dingin membuat si kecil kuat
Sangat tidak benar! Bayi justru rentan terhadap air dingin karena akan membuat pembakaran dan metabolisme tubuh meningkat sehingga makanan dan tenaga habis untuk mengatur suhu tubuh. Si kecil harus dimandikan dengan air hangat dan sebaiknya segeralah angkat sebelum ia kedinginan.

Wajar bayi berliur
Bayi berliur bukan berarti karena sewaktu Mommy hamil ngidamnya tidak kesampaian. Wajar jika ia berliur karena hingga berusia 4 tahun ia akan aktif memproduksi air liur. Namun bila berlebihan, bisa jadi karena peradangan atau infeksi di rongga mulut atau menjadi tanda tumbuh gigi.

Bayi boleh ngompol
Wajar jika sampai usia 2 tahunan ia masih mengompol karena kontrol air seninya belum berfungsi dengan sempurna. Meski demikian, mengajarkan bayi buang air kecil sejak dini adalah lebih baik.

Harus gumoh sesudah makan
Banyak hal yang menyebabkan bayi gumoh, antara lain karena kekenyangan, banyak udara yang masuk ketika ia makan atau menyusu, guritanya kekencangan, atau juga karena salah memposisikan saat ia makan.

Wajarkah si kecil ngempeng?
Banyak yang menganggapnya demikian. Memang wajar jika ia masih mengempeng saat berusia di bawah dua tahun. Namun saat usianya sudah diatas itu, bisa jadi hal itu sebagai tanda ia mengalami gangguan psikologis, seperti kurangnya rasa aman, ketakutan, tidak percaya diri, dsb.

Si kecil sehat saat berkeringat berlebihan
Keringat berlebihan bukanlah pertanda Si Kecil sehat tetapi justru karena ia mengalami gangguan tertentu seperti stres, fungsi kelenjar gondok berlebihan, rendahnya kadar gula, dan badan berlebih.
>>bettermomtoday