Pertumbuhan gigi si kecil dimulai sejak usia 6 bulan dan akan lengkap hingga ia menginjak usia 2.5 tahun. Sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan giginya sedini mungkin, salah satunya adalah dengan tidak terlalu sering memberikan makanan manis.

Makanan atau minuman manis dapat menyebabkan gigi keropos dan bolong. Sehingga Anda pun harus dapat memilah makanan dan minuman apa saja yang bisa ia konsumsi.

Cara merawat gigi si kecil:

Sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung gula.
Jika ingin memberikan makanan manis, berikan secara bertahap.
Latih si kecil mengunyah dengan baik sehingga ia tidak terbiasa mengemut makanan dalam mulutnya.
Pastikan juga Anda membersihkan giginya setiap habis makan, agar kebersihan giginya tetap terjaga.

Nah, bagaimana dengan kebiasaan mengempeng? Benarkah kebiasaan ini bisa menyebabkan perubahan pada rahangnya? Pada awalnya sebagian orang tua memberikan empeng karena ingin si kecil merasa nyaman sehingga ia bisa tidur dengan lelap atau tidak rewel pada saat-saat tertentu. Kebiasaan mengempeng memang cukup mengkhawatirkan para orang tua, apalagi jika kebiasaan ini tidak bisa hilang ketika si kecil sudah menginjak diatas usia 3 tahun.

Namun seiring dengan waktu, orang tua pun mau tidak mau harus melepaskan kebiasaan si kecil dengan empengnya. Mengapa? Sebab penggunaan empeng pada jangka waktu lama dapat menyebabkan perubahan pada rahang dan gigi atas akan lebih maju. Jika dibiarkan, bahkan bisa mengganggu pertumbuhan gigi.