Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute Enviromental Health Sciences dari Inggris, membuktikan, bayi baru yang disusui memiliki risiko kematian lebih rendah. Ini alasannya:

Zat antibody yang disebut immunoglobulin A (IgA) yang banyak terdapat pada kolostrum (ASI pertama yang keluar , berwarna putih kekuning-kuningan). Zat in melindungi selaput lendir usus, hidung dan tenggorokan bayi sehingga bayi tidak mudah terkena infeksi. Zat ini juga melindungi bayi dari risiko terkena penyakit kanker. Pada peneliti belum mengetahui mengapa bayi yang diberi ASI jarang terkena kanker, namun diduga karena sistem kekebalan tubuh pada tubuh bayi.
Bayi yang disusui ASI cenderung tidak mudah alergi. Faktor zat antibody IgA membantu mencegah reaksi alergi karena IgA melindungi usus bayi. Tanpa perlindungan ini, peradangan dapat terjadi dan dinding usus menjadi ‘bocor.’ Bayi yang diberi susu formula tidak memiliki lapisan pelindung ini sehingga mereka lebih rentan terhadap peradangan, alergi dan ganguan kesehatan lain

info.ayahbunda.co.id