Saat Anda tahu Anda hamil, pasti sulit untuk mengetahui apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut kehadiran si Kecil, karena ada saja yang mungkin terlupa. Agar Anda dan si Kecil nyaman, Sebaiknya apa perlengkapan apa saja yang perlu disiapkan?



Salah satu hal yang paling utama adalah menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan agar Anda dan si kecil merasa nyaman. Sebab sebagai orang tua baru, Anda pasti sangat semangat untuk mempersiapkan segalanya. Pastikan Anda telah mempersiapkan dana khusus untuk keperluan ini.



Nah, agar Anda tidak membuang-buang uang dengan percuma,sebaiknya prioritaskan barang-barang apa saja yang harus dimiliki dan tidak. Jika keuangan Anda terbatas, sebaiknya persiapkan dulu barang-barang yang wajib.



Selain dana, hal lain yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir adalah jenis material yang digunakan. Sebisa mungkin pilih perlengkapan yang terbuat dari bahan organik untuk pewarnaan dan proses agar tidak membahayakan bagi si Kecil. Untuk pakaian, pastikan Anda memilih bahan yang lembut dan menyerap keringat seperti katun. Saat ini banyak tersedia pakaian bayi dalam warna-warna yang funky, tidak hanya warna-warna biasa seperti pink, biru dan kuning muda.



Meskipun ingin, ingat untuk tidak membeli baju bayi secara berlebihan, karena bayi baru lahir cepat sekali pertumbuhannya, sehingga perlengkapan seperti baju dan sepatu akan cepat sekali menjadi sempit dan tidak bisa dipakai lagi. Lebih baik Anda mengalokasikan dana lebih di perlengkapan lain yang bisa lebih lama dipakai.



Agar tidak bingung dan tidak ada yang terlewatkan, buatlah daftar perlengkapan apa saja yang Anda butuhkan. Daftar perlengkapan berikut ini mungkin bisa membantu Anda mempersiapkan kehadiran si Kecil dengan lebih nyaman dan menyenangkan. Selamat berbelanja!



Perlengkapan Bayi untuk usia 0-3 bulan:



2 lusin popok kain
1 lusin celana panjang bayi
1 lusin celana kacamata
1/2 lusin baju tangan panjang
1/2 lusin baju tangan pendek
1/2 lusin baju tanpa lengan
1/2 lusin sarung tangan dan kaki
2-3 kain flanel atau bedongan
1/2 lusin kaus dalam
1 pasang sepatu bayi
2 tadah liur
1 baju hangat
2 topi



Perlengkapan Tidur:



1 boks bayi (boleh memakai yang bekas) dan kasurnya (harus baru)
1 perlak tidur
4 seprei boks
1 bumper panjang (penahan benturan di pinggiran boks bayi)
1 kelambu
1 bantal tipis



Perlengkapan Mandi



1 bak mandi khusus untuk bayi (boleh bekas)
1 anti-slip bak mandi (boleh bekas)
3 waslap
2 perlak mandi
2 buah handuk bayi
Sabun bayi
Sampo bayi yang tidak pedih di mata
Krim untuk ruam popok
Kapas steril
1 sisir khusus bayi



Perlengkapan Lain



1-2 selimut luar untuk bayi dibawa keluar
1 kain gendongan
1 gunting kuku khusus bayi
Hair lotion
Baby oil
Kerincingan (rattle)
Bedak dan wadahnya
Minyak telon
Alkohol 70%
Cotton bud
Kasa steril
1 Termometer
Kapas gulung
Kapas bulat
1 Lemari pakaian bayi
1 Kereta dorong
1 Kursi mobil
1 Alat gendong bayi
1 Tas pakaian