Bayi yang baru dilahirkan tentunya membutuhkan perawatan ekstra dari orang tuanya terutama ibunya. Tubuh bayi masih sangat lemah karena tubuh bayi harus mulai menyesuaikan dengan apa yang ada di dunia.

Berbeda saat masih dalam kandungan tubuh bayi masih terlindung oleh rahim ibunya yang selalu memberikan kenyamanan dan kehangatan. Merawat bayi sebenarnya merupakan hal yang sulit namun bagi seorang ibu merawat bayi itu akan selalu terasa menyenangkan.

Merawat bayi merupakan tugas sekaligus kewajiban dari setiap ibu. Meskipun sang ibu adalah seorang wanita karir ia tetap harus merawat anaknya dengan baik. Jangan sampai karena pekerjaan seorang ibu menelantarkan anaknya yang masih kecil apalagi masih bayi. Meskipun seorang wanita karir ibu dapat meminta cuti ataupun meminta keringanan beberapa bulan untuk melahirkan dan mengurus anaknya.

Setidaknya selama masa pemberian susu eksklusif berakhir ibu dapat selalu ada untuk memberikan perawatan dan ASI untuk bayinya. Setelah masa pemberian susu eksklusif berakhir bukan berarti ibu telah bebas dari menyusui bayinya. Apabila ibu memiliki jadwal yang padat, sebelum berangkat hendaknya ibu menyusui bayinya terlebih dahulu.

Ibu juga harus menyediakan ASI untuk bayinya. Cara menyediakan ASI dapat dilakukan dengan cara memerah sendiri ataupun menyedot dengan alat penyedot ASI. ASI ditaruh di dot bayi agar dapat diberikan pada saat bayi lapar. Meskipun susu formula telah dapat diberikan namun ASI tetaplah menjadi makanan pokok bayi yang berusia 1,5-2 tahun. Setelah pulang dari kantor pun ibu dapat memberikan ASI untuk bayinya.

Jadi meskipun seorang wanita karir ibu juga dapat selalu memenuhi hak dari bayi mereka. Wanita karir hanya dapat merawat bayi ketika sebelum berangkat kerja dan setelah pulang dari kerja. Meskipun demikian wanita karir harus dapat memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Tidak hanya berbagai barang keperluan bayi namun juga perhatian dan kasih sayang. Salah satu cara memberikan kasih sayang yaitu dengan menyusui bayinya secara langsung.

Bayi akan selalu merasa aman dan nyaman bila berada dalam pelukan ibunya. Dengan ibu menyusui anaknya maka akan terjadi interaksi batin antara anak dan ibu. Seorang ibu dapat selalu berkarir dan merawat bayinya dengan baik. Semua itu tergantung dari keinginan ibu tersebut. Apabila ibu itu lebih mementingkan karirnya maka anak akan tidak terurus.

Namun apabila ibu itu mau berusaha menye imbangkan antara pekerjaan dan mengurus bayi tentunya akan dengan mudah dilakukannya. Karena sesuatu yang dilakukan dengan niat yang kuat akan mudah tercapai apa lagi ketika sesuatu itu juga dilakukan dengan senang hati. Jadi hendaknya ibu yang menjadi wanita karir dapat selalu menyeimbangkan antara pekerjaan dan merawat anaknya.