untuk bunda semua.. sekedar info nich.. semoga bermanfaat

Penurunan angka menyusui di Indonesia merupakan salah satu sebab utama semakin banyaknya kasus kurang gizi di negeri ini, demikian diungkapkan Anne H Vincent, kepala bidang gizi dan kesehatan Unicef Indonesia. Anne menambahkan di tahun 2007 hanya 7,2% bayi yang mendapatkan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan. Padahal di tahun 2002 angkanya sedikit lebih tinggi,7,8%. Rata-rata bayi Indonesia hanya mendapat ASI eksklusif selama 2 bulan.



Pemberian ASI eksklusif adalah memberikan ASI saja pada bayi selama 6 bulan pertama hidupnya, tanpa tambahan susu formula, air minum dan tambahan lain. ASI eksklusif ini sangat penting untuk bayi karena ASI-lah makanan terbaik dengan zat gizi paling lengkap serta zat antibodi yang melindungi tubuh bayi dari berbagai penyakit.



Unicef menemukan satu dari empat anak Indonesia menderita kurang gizi. Kasus balita meninggal karena gizi buruk juga dilaporkan terjadi di berbagai daerahdi Indonesia. Selama Januari hingga Juni tahun ini, sebanyak 31 kasus kematian sehubungan dengan gizi buruk telah dilaporkan terjadi di Nusa Tenggara Timur,20 kasus di NTB, 10 kasus di Lebak, Banten dan 5 kasus di Bone, Sulsel. Sebab utama kasus-kasus tersebut adalah kebiasaan memberi makan bayi yang keliru, terutama kurangnya menyusui.?



Selengkapnya: http://nutrisiuntukbangsa.org/news/read/menurunnya_angka_menyusui_sebabkan_kurang_gizi