Belajar menulis tidak hanya mengenal kata atau kalimat. Tetapi justru dilihat dari gaya tulisan cakar ayamnya.

Perkembangan
Belajar menulis tidak hanya mengenal kata atau kalimat. Tetapi justru dilihat dari gaya tulisan cakar ayamnya, cara dia membuat garis dan kemampuannya melukis, akan membantunya memperlihatkan kemampuannya untuk siap belajar menulis, sebuah prosa terutama.

Dari situ kadang akan terlihat bakatnya, kemungkinan dia akan mampu membuat sebuah novel besar.

Banyak anak telah mampu memegang krayon dan melukis apapun (coretan cakar ayam) diatas kertas pada umur 12 - 13 bulan. Ketrampilan coretan-coretan mereka akan meningkat sepanjang masa perkembangannya.

Sampai coretan-coretan itu mampu menampilkan sebuah obyek dan menjadi lukisan yang bisa dikenali obyeknya. Ketrampilannya itu akan terus berkembang sampai dia menyukai dan mahir dalam membuat surat/tulisan diatas kertas.

Umur 12 - 18 Bulan

Beberapa bulan setelah ulang tahunnya yang pertama, kemampuan motorik Buah Hati Anda pelan-pelan akan semakin meningkat. Sekarang dia telah siap memegang crayon dan memulai eksperimennya.

Pada umur 12-13 bulan, beberapa anak telah mampu untuk memegang krayon dan mampu melakukan corat-coret diatas kertas, menjadi sebuah lukisan cakar ayam tanpa obyek.

Namun beberapa anak kadang juga belum mampu memegang krayon. Pada umur 16 bulan, rata-rata anak sudah akan mampu melakukan corat-coret diatas kertas.

Umur 19 - 25 Bulan
Goresan cakar ayam Buah Hati Anda sudah mulai kelihatan bentuk obyeknya, meskipun ia belum bisa menulis atau menghapal nomor.

Dia belum bisa memegang krayon dengan ajek dan stabil, tetapi dia mulai terpikat dengan berbagai alat seperti krayon, pensil atau pensil berwarna. Dia suka menggoreskan krayonnya pada apapun, pada tembok, lantai atau kertas.

Dan dia mungkin mulai menghabiskan lebih banyak waktu untuk kesukaannya ini. Buatlah garis diatas kertas, dan dia akan mencoba menirunya dengan mudah, meskipun garis yang dia buat belum lurus benar.

Umur 26 - 30 Bulan
Pada umur 29-30 bulan, anak Anda telah berkembang dari ketrampilan membuat goresan cakar ayam menjadi sebuah lukisan yang mempunyai obyek jelas. Dia tertarik pada warna dan membuat lukisan (arsiran-arsiran).

Dia mulai menambah warna-warna pada goresannya (tak hanya satu warna), dan goresannya mencoba melambangkan sesuatu obyek atau benda tertentu. Dan kadang dia mencoba menggabungkan suatu bahasa di dalam lukisannya itu.

Cobalah Anda melihat lukisan itu dengan seksama dan dari dekat, akan terlihat coretan-coretan itu menggambarkan sebuah angka atau huruf atau kata.

Anda sebaiknya sudah memperkenalkan dan memberi contoh gambar-gambar angka dan huruf, sehingga dia mempunyai referansi untuk mencontoh.

Dia juga coba menandai lukisannya itu, meskipun belum terlihat seperti huruf atau kata yang terbaca dengan jelas.

Umur 31 - 36 Bulan
Pada umur 2,5 tahun, Buah Hati Anda sudah mampu memegang secara tegak dan kuat pensil atau krayon dalam posisi siap menulis.

Anak umur ini biasanya sudah dapat membuat coretan naik turun dan tersambung sehingga seperti membentuk huruf 'V' meski ia belum tahu arti dari coretannya.

Pada umur 3 tahun, anak Anda sudah bisa membuat sebuah lingkaran, atau belajar menulis namanya sendiri. Tentu dengan bantuan contoh ejaan tulisan dari orang tuanya. Namun beberapa anak kadang juga baru hanya bisa membuat goresan-goresan tidak jelas.

Jangan khawatir terhadap perkembangan ini. Jangan tergoda untuk mencoba menekan anak Anda untuk mulai belajar menulis, tunggu saja sampai dia benar-benar tertarik dan bergairah untuk menulis.

Menulis adalah sebuah perkembangan dari suatu ketrampilan dalam seni corat-coret, bukan sebuah pelajaran formal yang terikat waktu. Tidak usah terburu-buru dan biarkan anak Anda dalam jalur perkembangannya sendiri. Pelan dan pasti... justru yang akan memenangkan perlombaan.

Tak ada jaminan yang lebih awal start akan selalu menjadi nomor satu di finish. Sejumlah kasus juga menunjukkan ; seorang anak yang baru belajar menulis pada masa taman kanak-kanak, ternyata malah berkembang bisa menulis paling bagus dan indah ketika duduk di kelas 2 sekolah dasar.

Yang Perlu Diperhatikan
Perlu dipahami, kemampuan dan perkembangan setiap anak adalah berbeda.

Tetapi jika pada umur 15-16 bulan anak Anda belum mampu membuat goresan-goresan cakar ayam, lebih baik Anda membawanya berkonsultasi dengan dokter atau psikolog anak.

Dan perlu diperhatikan, seorang anak yang lahir prematur, mungkin akan mencapai setiap fase perkembangan lebih lambat daripada yang normal.