Gemas karena si kecil selalu menjerit atau menangis tatkala tiba waktu mandi? Coba ciptakan suasana mandi yang lain dari biasanya.

Syifa (11 bln), sudah beberapa minggu ini kalau mandi pasti selalu menjerit kemudian menangis kencang, apalagi kalau keramas. Bunda pun kerepotan tiap kali harus memandikan si kecil.”Duh, bagaimana caranya supaya Syifa tidak selalu menangis atau menjerit?”

Ya namanya juga anak-anak, Bunda. Mereka gampang bosan. Juga saat mandi. Agar mereka tetap antusias saat mandi, pintar-pintarlah Bunda menciptakan suasana mandi yang menggairahkan si kecil.

Untuk menciptakan suasana agar anak-anak tidak atau menjerit-jerit, mungkin Bunda perlu memperhatikan hal berikut.

Betulkah saatnya tepat?
Misalnya, mungkin si anak baru saja bangun dari tidur, jadi suhu badan masih terasa panas, dengan demikian kalau langsung disiram dengan air dingin, maka otomatis badan memberi reaksi kaget karena suhu tubuh masih belum menyesuaikan dengan udara dan temperatur air.

Berbagi pengalaman mandi
Misalnya, berceritalah bahwa mandi adalah salah satu cara menjaga kesehatan dan sebagainya. Berikan juga kepercayaan bahwa anak dapat mandi sendiri, setengahnya Bunda sudah dapat menolongnya menyelesaikan '' acara mandi '' tersebut.

Pilih peralatan mandi yang aman
Hindarkan pemakaian shampo atau sabun yang mengenai langsung bagian mata anak. Mungkin hal inilah penyebab '' menangisnya '' anak-anak. Shampo atau sabun yang mengenai mata, sudah pasti menimbulkan perih. Akan lebih baik menggunakan aneka jenis shampo atau sabun yang khusus anak dan tak pedih di mata agar aman.

Membawa serta mainan
Coba kalau pas mandi bawa sekalian mainan-mainan si kecil yang dari bahan plastik, seperti bebek-bebekan, kodok-kodokan, ikan-ikanan, dan lain-lain. Biasanya si kecil suka main air ditemani semua mainannya itu. Bisa juga sembari Bunda putarkan lagu kesukaannya. Atau, melakukan aktivitas menempel stiker bergambar lucu-lucu yang bisa dipasang di kamar mandi pasti juga menyenangkan.

Bukan hal sulit kan Bun untuk dicoba? Oke, selamat mandi dan bersenang-senang dengan si kecil!