Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar komputer tetap bisa bersahabat dan bukan menjadi musuh bagi anak :

1. Tegas. kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awalorangtua tidak embuat aturan bermain komputer. buatlah kesepakatan dengan anak mengenai waktu bermain komputer. misalnya, anak boleh bermain komputer setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang longgar dapat diberikan pada waktu libur.
2. Kesempatan. Beri kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
3. Awas efek. Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandang yang terlalu dekat dapat mengganggu indra penglihatan anak. Awasi hal ini untuk mencegah terganggunya fungsi indra buah hati anda.
4. Selektif. Pilihlah software tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak.
5. Safety. Perhatikan keamanan anak saat bermain komputer dan bahaya tegangan listrik. Jangan sampai terjadi konsleting atau kemungkinan kesentrum terkena bagian tertentu dari badan CPU komputer.
6. Kenyamanan. Berikan meja atau kursi komputer yang ergonomis dan sesuai dengan bentuk serta ukuran tubuh anak. bentuk properti yang tidak ergonomia bia berpengaruh buruk pada perkembangan anantomi bentuk tubuh si anak.
7. Sosialisasi. Janngan sampai karena terlalu asik bermain komputer, anak anda jadi lupa bergaul dengan teman-teman sebayanya. Tanamkan padanya bahwa komputer bukan satu-satunya aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan karena bermain dan bersosialisasi dnegan teman-teman juga tak kalah menariknya.