Kontraksi menjelang persalinan berfungsi membuka jalan lahir bagi bayi. Biasanya kontraksi disertai rasa nyeri yang luar biasa, karena saat itu terjadi peregangan otot-otot dan pembukaan jalan lahir.
Suami atau anggota keluarga lain yang mendampingi bisa memberi semangat dan membantu menenangkan, serta meringankan penderitaan Anda dengan memijat punggung dan pinggang belakang Anda.
Berbagai macam posisi yang nyaman untuk mengatasi rasa sakit saat datangnya kontraksi dapat juga Anda coba. Beberapa di antaranya:
1. Pada kontraksi awal, bersandarlah pada sesuatu yang ada di dekat Anda, seperti tubuh suami, dinding, atau pintu.
2. Duduklah di kursi yang menghadap terbalik ke belakang, dan dengan kedua kaki Anda mengangkang. Rebahkan kepala di atas tangan yang terlipat pada sandaran kursi. Suami dapat membantu dengan memijat punggung Anda.
3. Bertahan dengan berlutut juga bisa mengurangi rasa sakit. Anda dapat berlutut, dan letakkan bantal di lantai untuk menahan lutut, dan bersandarlah pada kursi atau pinggir tempat tidur.
4. Posisi lainnya, Anda dapat berlutut di lantai dengan kaki melebar. Tumpukkan beberapa bantal besar untuk menopang tubuh. Punggung harus tetap lurus. Setelah itu duduklah dengan posisi miring di antara dua kontraksi. Naikkan pantat dengan kepala tetap di atas bantal. Ini bisa membantu mengurangi rasa sakit di punggung akibat kepala bayi yang semakin menekan perut.
5. Berlututlah dengan bertumpu pada kedua lutut dan tangan Anda. Lakukan di atas matras atau karpet yang cukup tebal, agar lebih nyaman. Miringkan panggul ke depan dan ke belakang, dan tetap luruskan punggung Anda. Di antara dua kontraksi, santai dan beristirahatlah dengan meletakkan kepala di atas telapak tangan Anda.
6. Mintalah suami untuk mengurut bagian bawah punggung Anda dengan telapak tangannya, dengan gerakan memutar membentuk lingkaran yang mantap. Taburkan bedak atau oleskan baby oil untuk menghindarkan lecet pada kulit.
7. Atau mintalah suami untuk memegangkan sebuah botol berisi air panas yang ditempelkan pada bagian bawah punggung Anda.