Jika ingin menurunkan berat badan, meluangkan waktu untuk menikmati makanan bisa menjadi cara mudah untuk makan sedikit. Berikut saran "American Dietetic Association" tentang cara makan lebih perlahan :

- Letakkan alat makan diantara setiap suap
- Gunakan sumpit ketimbang sendok garpu
- Kunyah makanan secara baik sebelum ditelan
- Bikin waktu makan sebagai waktu sosial. Bincang-bincang sambil makan menginterupsi makan dan membuat makan lebih perlahan

Dan Subhanallah, apa yang disampaikan ahli diet dr Amrik ini sudah dilakukan oleh Rasulullah,

Nabi mengajarkan agar mengunyah makanan minimal 33 kali sebelum ditelan. Sebagaimana sabdanya, ’’Saya mengunyah setiap suap makanan 30-50 kali, sehingga menjadi lembek dan melalui kerongkongan tanpa kesulitan. Bahkan, pada makanan yang sulit dicerna dengan baik, saya kunyah sampai 70-75 kali.’’

Jika tidak dikunyah dengan baik, sebagian makanan itu akan terbuang tanpa terserap dan terjadilah pembusukan yang menghasilkan banyak racun di usus. Itulah yang menghabiskan sejumlah besar enzim. Air liur yang otomatis keluar saat mengunyah dapat bercampur baik dengan asam lambung maupun air empedu. Maka proses pencernakan pun bisa lebih lancar.