Anak pada usia sekitar 1 tahun normalnya memiliki berat badan 8 – 10 kg dan berat badan bertambah 1,5 kg – 2 kg pertahunnya. Jika pertambahan berat badan melebihi takaran tersebut, haru sdiperhatikan juga tinggi badan anak apakah seimbang dan proposional.

Disamping itu, anak yang sering mengalami masalah diare biasanya memiliki masalah pada penyerapan makan dan pencernaan yang akhirnya mempengaruhi pertumbuhan anak.

Anak pada usia 1 sampai 4 tahun umumnya suka menggunakan saraf motorik untuk mengenal dan mengekplorasi dunia sekitarnya. Aktivitas seperti memakan dan mengorek-ngorek sesuatu adalah bagian dari keingintahuan anak. Oleh karena itu, orang tua sangat disarankan untuk memberikan pengawasan yang ketat dan menciptakan lingkungan bermain yang kondusif seperti tempat yang luas dan bersih. Sehingga anak bisa bebas bergerak kesana kemari tetapi masih dalam pengawasan orang tua.

Orang tua juga harus konsisten untuk terus mengenalkan segala sesuatu yang baik untuk di lakukan dan segala sesuatu yang tidak baik untuk di lakukan. Jika Anda melarang anak untuk memegang sesuatu, cobalah untuk memberikan alternatif lainnya yang serupa, sehingga mereka masih merasa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Karena keasyikan bermain, terkadang anak tidak menyadari bahwa dia kelelahan. Faktor ini bisa mempengaruhi nafsu makan anak. Sebenarnya hal ini wajar saja dan tugas Anda adalah memberi pengertian akan akibat kecapean dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak menyinggung perasaanya.

Faktor lain yang mempengaruhi nafsu makan adalah lambung yang sensitif dengan ditandai mual-mual. Sebaiknya konsultasikan ke dokter anak agar segera mendapatkan terapi atau perawatan yang sesuai.