Sama halnya seperti kita, anak pun berhak mengembangkan kesenangan dan ketidaksenangannya terhadap jenis makanan tertentu. Tetapi, karena mereka umumnya belum menyadari kebutuhan akan jenis makanan bernutrisi bagi tubuh, kita harus membantu mereka; menyediakan dan memberi kesempatan untuk berkenalan dengan berbagai jenis makanan, agar mendapatkan nutrisi yang baik.

Aturan pertama memperkenalkan anak pada berbagai jenis makanan, adalah menyediakan makanan yang sama untuk anak, seperti makanan untuk anggota keluarga lain. Perhatikan variasi jenis dan teksturnya, agar anak mendapatkan pengalaman dari berbagai jenis makanan itu.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyiasati si kecil yang menolak makanan :

1. Jangan mudah terprovokasi jika anak menolak jenis makanan tertentu. Bisa jadi ia butuh waktu mengenal makanan itu, dan ingin mempelajari lebih dulu reaksi orang lain yang mengonsumsi makanan tersebut. Jadi, sebagai orang dewasa yang bisa dipercayai oleh anak, kita harus memberi contoh, dan bisanya anak akan meniru dan mengonsumsi makanan yang ditolaknya itu.
2. Jika ingin mengenalkan jenis makanan baru, hidangkan bersamaan dengan makanan yang telah dikenalnya, agar anak memiliki pilihan makanan jika ia tidak menyukai makanan yang baru diperkenalkan untuknya itu.
3. Sediakan makanan baru dalam porsi kecil, misalnya hanya satu sendok makan, agar anak mencobanya lebih dulu. Jika anak menyukainya, barulah beri dalam porsi lebih banyak.
4. Matikan televisi ketika anak makan, agar perhatiannya tidak terpecah. Jika si kecil terlihat bosan, ajak anak bicara, sehingga suasana menjadi lebih menyenangkan baginya.
5. Tidak ada salahnya membiarkan anak mengembangkan ketidaksukaannya terhadap jenis makanan tertentu. Tetapi ia harus lebih dulu dianjurkan untuk mencoba.