Mengatasi sembelit saat menyerang Anda, tentunya segala yang hal dilakukan akan terasa tidak nyaman bukan? Sembelit atau sering disebut juga dengan konstipasi merupakan kelainan pada sistem pencernaan, dimana seseorang mengalami pengerasan feses yang berlebihan. Karena itu, feses tersebut sulit untuk dibuang atau dikeluarkan sehingga dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Sembelit yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang bisa berakibat fatal bagi penderitanya. Selama ini biasanya Anda dianjurkan untuk meminum air yang banyak bila sedang mengalami sembelit tersebut, namun ternyata hal tersebut tidak benar.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of New Mexico, mengungkapkan bahwa asupan cairan tidak berhubungan dengan terjadinya sembelit. Hal tersebut terungkap setelah dilakukan penelitian pada 900 orang responden lansia, dan menemukan bahwa faktor utama terjadinya sembelit bukanlah karena kekurangan minum yang terjadi pada para responden. Sehingga mitos yang diyakini sebelumnya pun akhirnya terbantahkan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Humboldt University Jerman juga membahas berbagai mitos dan kesalahpahaman terhadap sembelit yang selama ini beredar di masyarakat. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa konsistensi kotoran tidak dapat dimanipulasi dengan asupan cairan. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang dapat menunjukkan jika peningkatan asupan cairan dapat mengatasi masalah sembelit tersebut.

Bila Anda mengalami sembelit atau berusaha untuk menghindarinya, tips-tips berikut ini dapat Anda coba :

* Hindari tubuh Anda dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Bila Anda menemukan warna urine lebih gelap dibandingkan biasanya, waspadalah karena itu bisa jadi tanda-tanda dehidrasi. Bila itu terjadi, segeralah menambah cairan secukupnya, jangan berlebihan.
* Melakukan cara Hidup Sehat dengan Pola Makan yang Baik agar menjadi lebih sehat.
* Rajin mengkonsumsi air putih.
* Lakukan olahraga secara teratur.
* Mengkonsumsi minuman prebiotik dan probiotik untuk memperlancar pencernaan.
* Membiasakan diri untuk buang air besar setiap hari. Jika perlu, buatlah jadwal untuk itu atau yang disebut juga bowel training.
* Bila sembelit Anda telah mencapai tahap obstipasi, paksakan untuk meminum obat pencahar atau laksatif, terapi serat, penghisapan feses dengan alat khusus, atau bila sangat terpaksa lakukan pembedahan.

Mengatasi sembelit bisa Anda lakukan sebelum semakin parah. Dan jangan lupa untuk melakukan beberapa tips di atas.