Dear Bunda tidak terasa ya sebentar lagi sudah bulan ramadhan..nah ada tips nih bunda untuk kita dapat melatih sibuah hati untuk belajar berpuasa & semoga bermanfaat ya bun..

Mengajarkan anak-anak berpuasa memang cukup sulit, terlebih jika anak Anda termasuk anak yang gemar makan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda memperkenalkan puasa saat usia anak masih dini, dengan cara setahap demi setahap. Misalnya, dimulai dengan berpuasa hanya sampai pukul 10 pagi, lalu diperpanjang menjadi sampai pukul 12 siang dan pada akhirnya ia bisa tahan berpuasa sampai bedug maghrib.

Setiap anak memang berbeda kemampuan berpuasanya, walaupun usianya sama. Untuk itu janganlah Anda menyamakan anak yang belum mampu berpuasa secara penuh dengan anak seumurannya yang sudah mampu berpuasa secara penuh. Dan satu hal yang harus Anda ingat, jangan memaksa anak untuk berpuasa.

Jika Anda mengalami kesulitan melatih anak berpuasa, berikut ini tips yang dapat Anda ikuti :

Menyiapkan mental psikologisnya dengan cara mengenalkan suasana ramadhan sejak dini dan menceritakan mengenai apa itu puasa. Misalnya, mengajaknya sahur bersama keluarga, lalu menceritakan mengapa di sepanjang siang tidak diperbolehkan makan dan minum, dan mengajaknya sholat Tarawih.
Melatih anak untuk tidak makan di saat lapar dan makan yang tidak berlebihan.
Lakukan latihan berpuasa secara bertahap dan sesuai umurnya. Misalnya, anak Anda berumur lima tahun, untuk puasa pertamanya diberi batas sampai pukul 10, dan jika ia kuat, setiap harinya jam puasanya ditambahkan.
Memperhatikan asupan gizi dan vitaminnya. Ingatlah jangan memberikan vitamin penambah nafsu makan ketika berpuasa.
Banyak minum air putih ketika sahur.
Jangan melakukan aktivitas yang menghabiskan energi.
Menghabiskan waktu saat berpuasa dengan kegiatan yang bermanfaat dan tidak menguras energi tentunya.
Memberikan penghargaan jika anak Anda berhasil menyelesaikan puasanya dalam sehari. Misalnya dengan membuatkan makanan kesukaannya saat berbuka, dan usahakan jangan memberinya hadiah uang.
Pastikan kondisi anak Anda sehat saat menjalani puasa. Jika anak mengalami keringat dingin, lemas serta muntah-muntah, jangan paksakan dia untuk melanjutkan puasanya.