Anak-anak usia 2-3 tahun belajar berbagai macam gerakan dasar seperti berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Anak-anak di usia ini sangat aktif secara alami, jadi berikanlah mereka kesempatan untuk terus berlatih dan membangun keahlian ini. Dengan mendukung anak anda untuk terlibat dalam kegiatan bermain, anda juga membantu anak anda tetap fit di masa kini dan di masa yang akan datang. Seberapa banyak yang diperlukan? Berdasarkan National Association of Sports and Physical Education, setiap balita harus :

• mendapatkan paling sedikit 30 menit kegiatan fisik terstruktur (dengan pengawasan orang dewasa)
• mendapatkan paling sedikit 60 menit kegiatan fisik tidak terstruktur (bermain bebas)
• tidak non aktif selama 1 jam dalam 1 waktu (kecuali untuk tidur)

Ketika anda berpikir agar balita anda aktif, sangatlah penting untuk memahami apa yang anak anda dapat lakukan dan keahlian apa yang sesuai dengan usia anaknya. Untuk balita usia 2 tahun, anak mestinya sudah dapat berjalan, berlari, dan melompat di tempat dengan dua kaki. Di usia 3 tahun, kebanyakan anak-anak dapat berlari dan melompat dengan baik. Sebagai tambahan, anak anda dapat belajar keseimbangan dengan satu kaki, memanjat dengan baik, menendang bola ke depan, melempar bola, dan mengayuh sepeda roda tiga.

Ingatlah beberapa keahlian tersebut untuk mendukung anak anda supaya menjadi aktif. Bermain secara bersama dan menyediakan mainan yang sesuai dengan usia anak seperti bola, mainan bongkar pasang dan mengendarai sepeda. Ada beberapa program mommy-and-me” untuk mengenalkan anak untuk berguling, berdansa, dan gerakan-gerakan yang umum. Tetapi anda tidak mesti mendaftarkan anak anda pada program formal untuk membantu perkembangan keahliannya. Hal yang penting adalah anda mendukung aktifnya anak anda dengan menyediakan sebanyak mungkin kesempatan untuk aktif di lingkungan yang aman.

Berjalan, bermain, menjelajah halaman belakang atau menggunakan perlengkapan taman bermain yang ada di taman, bisa digunakan sebagai sarana untuk bersenang-senang dengan keluarga. Banyak sekali jenis permainan yang dapat dimainkan bersama anak anda yang memberikan kesempatan untuk bersenang-senang dan juga kebugaran untuk anda dan anak anda. Kesempatan yang ada tidaklah berakhir, cobalah untuk kreatif, atau mengikuti arus anak anda. Dan juga batasi waktu yang dihabiskan anak anda untuk menonton TV (termasuk menonton DVD atau video) dan menggunakan komputer.

Jika balita anda menolak untuk bermain atau berinteraksi dengan sesama, atau jika anak anda mengeluhkan sakit selama bermain, ada baiknya anda dapat berkonsultasi dengan dokter anak anda. Anak-anak yang aktif pada usia ini dapat terus aktif selama hidupnya. Dan dengan menjaga kebugaran dapat meningkatkan kepercayaan diri, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, dan mengurangi resiko mengidap penyakit serius.