Bagi sebagian orang makanan dalam kaleng memang memberikan pilihan yang paling mudah, apalagi jika kita tergolong dalam bagian orang-orang yang sibuk dan hampir tidak mempunyai banyak waktu untuk mengolah makanan segar. Meskipun makanan kaleng banyak macamnya kita harus tetap cermat pada waktu membeli dan menyimpannya.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk anda agar tidak terkecoh pada saat membeli makanan kaleng dan tetap terjamin mutunya pada saat disimpan.

1. Amati dan baca secara teliti informasi mengenai produk, misalnya komposisi, penggunaan dan cara penyimpanan produk. Dan yang paling penting adalah lihat tanggal kedaluarsanya.

2. Pastikan membeli produk dari produsen yang jelas. Jika anda ragu dengan merk produk tersebut lebih baik ambil keputusan untuk tidak membelinya.

3. Jangan beli makanan kaleng jika kondisi kalengnya tidak sempurna lagi. Kaleng yang penyok dapat mengakibatkan terjadinya lubang-lubang kecil yang menjadi sumber masuknya mikroba pembusuk. Kaleng yang kembung karena ada aktifitas mikroba di dalamnya. Kaleng yang bocor bisa disebabkan karena penyambungan kaleng yang kurang rapat, dan bisa dipastikan akan timbul bau yang kurang sedap dari dalam kaleng. Berkarat pada lipatan kaleng mencerminkan bahwa produk tersebut telah lama diproduksi dan disimpan dalam keadaan yang kurang baik.

4. Jika makanan tidak sekali habis jangan simpan di dalam kulkas bersama kalengnya, tetapi pindahkan isi ke wadah lain.

5. Sedapat mungkin disimpan di tempat yang kering dan sejuk atau tempat yang tidak terkena matahari secara langsung.

6. Hindarkan dari genangan air dan tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi.