Memberikan mainan sangatlah penting untuk pertumbuhan keahlian dan otak anak Anda. Banyak orang tua sering kali terkecoh dengan memberikan mainan yang akan merusak mentalitas anak, dimana anak lebih menyukai bermain dibandingkan belajar.

Sekarang ini telah dikembangkan mainan baru dan dapat merangsang anak Anda untuk bermain sambil belajar. Dengan memberikan mainan yang tepat, akan membantu meningkatkan kesadaran dan kreativitas si kecil. Dan berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli mainan untuk buah hati Anda :

1. Aman
Memberikan mainan yang aman bagi si kecil merupakan tindakan yang sangat bijak. Tanyakan pada penjual untuk menunjukkan sertifikat keamanan yang dikeluarkan badan pemerintahan setempat. Suatu tindakan yang ceroboh apabila membeli mainan yang kualitasnya tidak dapat dipertangungjawabkan dan pada akhirnya akan merugikan Anda.

Seringkali bayi Anda akan mengunyah, mengigit dan menarik-narik mainan yang diberikan oleh Anda. Bisa dibayangkan apabila mainan itu mengandung racun, cepat atau lambat akan menurunkan stamina dan kesehatan anak Anda.
2. Warna yang kontras dan berani
Pada saat bayi Anda berumur satu bulan, penglihatannya dapat di gambarkan seperti televisi hitam putih. Dengan memberikan mainan yang berwarna terang dan kontras, akan membangkitkan kinerja saraf-saraf yang berada pada mata sehingga dapat memulai mengenal warna pada lingkungan sekitarnya.
3. Bentuk dan ukuran yang berbeda
Mainan yang baik memiliki perbedaan bentuk dan ukuran yang berbeda, seperti kubus, bola, ataupun kerucut. Si kecil akan belajar mengenal benda-benda yang sangat sederhana, dimana suatu saat dia akan mempelajari bentuk benda lebih detail lagi.
4. Mengandung Permainan
Semua anak suka bermain, oleh karena itu pilihlah mainan yang mengandung unsur permainan, yang juga mengenalkan lingkungan sekitarnya. Dengan begitu anak Anda akan sangat menikmati proses pembelajaran yang di berikan.
5. Bahan mainan sesuai dengan umur
Tanyakan kepada si penjual mainan, jenis mainan apa yang sesuai dengan umur anak Anda. Produk mainan yang baik biasanya menampilkan umur anak yang dapat memainkan mainan rancangan mereka. Untuk anak umur satu bulan sampai satu setengah tahun lebih baik diberikan mainan yang lembut atau terbuat dari kain yang aman bagi anak Anda dengan mengandung sedikit unsur plastik. Pastikan anak Anda memperoleh mainan sesuai dengan umur yang tercantum di setiap produk yang di tawarkan.