Pada usia 8-12 Bulan, si Kecil mulai bermain menguatkan otot dan mengenal fungsi, diusia inilah mereka mulai merespons rangsang dari luar. Di usia 8-12 Bulan, si Kecil dibimbing untuk dapat belajar melalui bermain. Perkembangan yang cukup signifikan tampak pada kemampuan bayi usia 8-12 bulan untuk duduk sendiri dan mulai merangkak, bahkan bertumpu pada kaki sendiri. Kemajuan lain yang dicapai bayi usia 8-12 bulan adalah perihal keberadaan benda atau mainan yang dilihatnya. Dengan begitu, ketika ia melihat mainan yang tadi dilihatnya tak ada di tempat, si kecil pun berusaha mencarinya


Usia 8-12 bulan

- Boneka berbahan lembut
Di usia 8-12 bulan, bayi Anda mulai mengembangkan rasa keterikatan terhadap benda yang ia sukai. Anda dapat memberinya boneka berbahan lembut, baik berbentuk orang atau binatang. Namun Anda perlu menghindari memberinya boneka berbahan plastik, berpita, bermata yang mudah lepas, berbahan rajut dan juga sesuatu yang mudah ditarik benangnya. Bila mainan terbuat Dari bahan berbulu, pilihlah yang bulu-bulunya tak mudah lepas, sebab sangat berbahaya bagi bayi usia ini yang gemar memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulutnya. Selain itu, Anda perlu menghindari memberi anak boneka yang terlalu besar, karena si kecil bisa kesulitan memainkannya.

- Bola elastis
Bola adalah mainan paling digandrungi anak-anak. Khusus bayi usia 8-12 bulan, Anda dapat memberi bila berbahan lembut atau elastis. Hindari bola dari plastik yang dikhawatirkan dapat mencederai atau mengandung toksin.

- Balok dari kayu atau berbahan lembut
Bayi usia ini mulai tertarik menumpuk balok-balok menjadi suatu menara tinggi. Untuk mendukung kemampuannya menyusun benda-benda, meski belum beraturan dan berbentuk jelas, Anda dapat memberinya mainan balok berbahan kayu yang aman dan tidak mencederai.

- Mainan beroda
Seiring kemampuan bayi usia ini bergerak dengan cara merangkak dan berjalan tertatih-tatih, ia mulai menyenangi mainan yang juga dapat bergerak. Anda dapat memberinya mainan seperti mobil-mobilan yang dapat ia gerakkan sambil berjalan mengelilingi ruangan.

- Mainan didorong
Mainan yang didorong memberi kesempatan si kecil melatih kemampuan berjalannya. Anda dapat memberinya mainan beroda, seperti mobil-mobilan yang dapat ia naiki dan juga memiliki pegangan agar anak dapat mendorongnya mengitari ruangan.

- Telepon mainan
Bayi usia 8-12 bulan adalah pengamat dan peniru paling ulung. Ia menyerap beberapa informasi penting, antara lain, cara berbicara, termasuk juga saat Anda menelepon. Meski belum lancar bicara, ia berusaha berkomunikasi menggunakan telepan mainan dengan menggenggam gagang telepon, telepon mainan membantu anak belajar mengembangkan imajinasi dan fantasinya. Dengan telepon mainan anak juga belajar menggunakan benda sesuai fungsi.

- Si bebek dan boneka karet
Bayi usia 8-12 bulan mengenal dunia masih melalui inderanya. Bermain bebek karet saat mandi membantunyan belajar tentang dunia melalui indera peraba. Beraneka bentuk mainan untuk menemaninya mandi membantu si kecil merangsang keterampilan motorik halus, koordinasi mata-tangan dan taktil. Di samping itu, mainan ini dapat menenangkan rasa takut anak terhadap air, dan menjadi alat bantu si kecil untuk kegiatan fun with water, bersenang-senang dengan air.

Kafebalita.com