Menurunkan tingkat kolesterol bukan hanya memilih bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Sejatinya, banyak penelitian menyebutkan, bahwa kadar kolesterol juga berpengaruh dari bagaimana cara pengolahan atau proses pemasakan.

Lalu bagaimana cara masak yang menyehatkan, sehingga kolesterol dalam darah tetap terjaga normal? Berikut adalah beberapa tipsnya, seperti yang dikutip dari Healtmeup.

1. Hindari proses menggoreng. Makanan renyah memang selalu nikmat dikonsumsi. Namun, percayalah bahwa meskipun nikmat, gorengan mampu menambah koleksi tingkat kolesterol Anda. Metode terbaik bisa Anda siasati dengan cara memanggang, merebus, mengukus, atau menumis dengan sedikit minyak.

2. Kurangi konsumsi jenis daging. Jika Anda memang tidak bisa menghindari konsumsi daging, siasati penggunaannya dengan memasak daging secara tipis-tipis. Dengan demikian, daging yang Anda lahap tidak akan berlebihan.

3. Kurangi lemak daging. Sebelum Anda mengolah daging, pastikan Anda membuang bagian lemak yang menempel dalam daging.

4. Gunakan minyak nabati murni, seperti minyak zaitun, minyak bungan matahari, atau minyak canola untuk memasak. Jenis minyak tersebut merupakan sumber alami yang terbebas dari lemak jenuh.

5. Untuk diet rendah kolesterol, memilih rempah-rempah organik seperti kemangi, ketumbar dan oregano ketimbang lemak aditif untuk penyedap, adalah langkah bijak untuk kesehatan Anda.

6. Sebelum Anda membuat daging semur atau sup daging, sebaiknya rebus daging terlebih dahulu satu hari sebelumnya. Setelah dingin, bekukan di dalam freezer. Bukan tanpa alasan, langkah tersebut mampu memudahkan Anda untuk membuang lemak pada daging yang biasanya terdapat pada bagian atas setelah daging dibekukan.

7. Jika Anda menggoreng makanan, pastikan Anda benar-benar meniriskan minyaknya. Langkah ini bisa dilakukan dengan menasuh di atas selembar tisu makan, atau handuk kertas. Hal ini dilakukan untuk setidaknya mengurangi jumlah minyak pada makanan sebelum dikonsumsi. (Healthmeup/Mayoclinic/*/OL-06)