Empati merupakan kemampuan penting untuk melatih kecerdasan dalam menjalin hubungan atau sekarang lebih dikenal dengan istilah Kecerdasan Emosional atau Emotional Quotient (EQ). Semakin baik empati anak maka semakin baik juga EQ-nya. Salah satu cara untuk melatih empati anak yaitu dengan memelihara binatang peliharaan.

EQ memang harus diasah sejak dini dan sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual (IQ). Walaupun anak memiliki nilai bagus di sekolahnya namun jika tidak ceria bisa dikatakan anak mengalami stres. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan EQ memberikan kontribusi 90% dalam kesuksesan seseorang dan IQ hanya memberikan 10% untuk menjadikan anak sukses.

Penelitian tersebut tentu membuktikan bahwa kesuksesan seseorang karena memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang bagus. Dan sebagai orangtua sangat penting untuk menjaga empati anak dalam pola asuh kesehariannya. Jangan sampai empati anak digerakkan oleh rasa takut akibat ditekan, rasa kasihan bernada merendahkan atau narsisme.

Ingin anak Anda sukses di masa depannya? Salah satu cara yang bisa dilakukan sekarang ialah mengijinkan anak memelihara binatang kesayangannya. Selain menghibur, memelihara binatang kesukaannya pun bisa menjadi momen yang mendidik. Berikut ini beberapa keuntungan yang didapatkan anak untuk mengasah empatinya melalui binatang peliharaan:

Sebelum mengijinkan anak memelihara binatang kesukaannya, tanyakan apakah anak mengerti betul cara memeliharanya? Memelihara binatang membutuhkan tanggungjawab. Di sini anak harus belajar bertanggung jawab akan kesejahteraan kehidupan binatang pilihannya. Pastikan Anda tetap mendampingi, melatih dan mengawasi anak dan tanggungjawabnya tersebut. Berikan contoh yang baik dalam memelihara binatang dan biarkan anak mengikutinya.

Ajarkanlah sesuai usia anak. Misalnya pada anak usia prasekolah, pastikan keamanannya. Pada usia 5 hingga 9 tahun, ajarkan anak beberapa trik bermain dengan binatang peliharaannya. Di usia 5-9 tahun anak sudah bisa diberi tanggungjawab untuk memelihara binatang. Sedangkan usia 10-12 tahun, Anda sudah bisa memberitahu informasi seputar binatang peliharaannya.

Latihan memperlakukan binatang peliharaannya dengan baik bisa mengajarkan anak untuk memberikan kenyamanan dan menjaga perasaan orang disekitarnya.

Buatlah daftar tugas, apa saja yang harus dilakukan anak untuk memelihara binatang kesayangannya. Membuat daftar dan memastikan anak untuk melakukan semua tugas dapat melatih disiplinnya.

Memelihara binatang memungkinkan anak pada saat tumbuh kembangnya peka akan cara merawat dan memperhatikan orang lain. Pelajaran yang didapatkan ketika merawat dan memperhatikan binatang kesayangannya.

Melatih empati anak dengan memelihara binatang bisa dimasukan dalam agenda pola asuh Anda. Pastikan binatang yang akan dipelihara aman, termasuk kesehatannya. Jika usia anak masih kecil, Anda harus tetap mendampingi dan mengawasinya, jangan sampai membiarkan anak sendirian dengan binatang peliharaan.