Bernyanyi untuk bayi anda adalah aktifitas yang sudah bisa anda lakukan sejak bayi anda masih di dalam kandungan, yang kemudian bisa anda lanjutkan hingga ia lahir dan tumbuh. Nyanyian sebelum tidur biasanya digunakan untuk menenangkan bayi serta mempererat hubungan anda dengan bayi. Namun, adakalanya banyak orangtua yang masih merasa sulit bernyanyi untuk bayi mereka, entah karena tidak pede ataupun tidak bisa bernyayi sampai tidak tahu mau menyanyikan lagu apa.

Satu hal yang harus anda ketahui bahwa bayi anda tidak akan peduli jika anda bernyanyi seindah Madonna ataupun secempreng suara kucing, karena sesungguhnya hanya suara andalah yang bisa membuatnya nyaman. Bahkan jika tidak ada seorangpun yang suka mendengar anda bernyanyi, bayi anda akan tetap mau mendengar anda bernyanyi untuknya. Jika anda merasa malu bernyanyi karena takut suara anda terdengar oleh orang lain, bernyanyilah disaat anda hanya berdua saja dengan bayi anda.

Lagu apakah yang bisa anda nyanyikan?
Jenis lagu apapun bisa anda nyanyikan untuk si kecil, entah itu lalu lullabies atau lagu jazz sekalipun, tak ada yang membatasi pilihan lagu anda. Saat bayi anda masih sangat bayi, bagi mereka lirik sebuah lagu adalah relevan, hanya anda yang akan mengerti maksudnya, jadi jangan takut salah lirik. Jika anda ingin merasa lebih nyaman, cobalah nyanyikan lagu kesukaan anda untuk bayi anda. Hanya hati-hatilah jangan sampai anda memilih lagu yang membuat anda sedih, karena perasaan sedih itu akan juga dirasakan oleh bayi anda.

Kapan harus bernyanyi?
Anda bisa benyanyi sepanjang hari untuk mengiringi segala aktifitas anda dan bayi anda agar jadi lebih menyenangkan dan istimewa. Anda bisa juga menyanyikan lagu-lagu lembut yang hanya didengar olehnya saat anda menyuapi nya makan. Manyanyikan lagi dengan disertai memakai nama bayi anda dalam lagu tersebut sangat bagus untuk dilakukan, dengan demikian bayi anda akan belajar merespon namanya saat mereka besar nanti. Bernyanyi untuk bayi anda tidak hanya sebatas sebagai pengiring tidur saja. Lagu bisa menjadi pengiring anda dan bayi anda daam berbagai aktifitas, seperti mandi, jalan-jalan dan sebagainya.

Bernyanyi untuk mengiringi tidur
Lullabies atau lagu pengiring tidur mempunyai efek besar dalam memberikan ketenangan pada bayi. Gunakan lagu untuk mengiring tidur bayi anda setiap hari, bayi suka sekali rutinitas, jika kebiasaan ini anda tanamkan, bayi anda akan terbiasa dengan lagu tidurnya yang akan memudahkannya untuk terasa mengantuk dan terlelap.

Kafebalita.com