Dunia anak usia balita memang dunia bermain. Boleh dibilang sepanjang waktu mereka diisi hanya denganbermain, kecuali saat tidur. Brikut aneka jenis sarana bermain yang bisa sesuai bagi anak balita, lengkap dengan manfaatnya bagi perkembangan si anak.

Perosotan
Anak bisa menikmati sensasi ketinggian, terlebih saat ia berada di puncak perosotan dan siap meluncur. Belum lagi merasakan bagaimana tubuhnya terasa melayang kala meluncur ke bawah hingga akhirnya mendarat di ujung perosotan. Sebelum meluncurpun anak harus menjalani proses naik tangga. Motorik kasar anak benar-benar teruji, termasuk bagaimana menjaga keseimbangan tubuhnya saat menapaki anak tangga.
Selain itu, anak juga belajar mengenai peraturan. Diantaranya mesti tertib bergiliran naik satupersatu dan tidak boleh naik dari papan luncurnya agar tidak tertabrak anak lain diatasnya.

Ayunan
Anak akan merasakan kenikmatan tersendiri saat tubuhnya terayun secara kencang atau lambat maupun tinggi atau rendah dari tempat berpijak. Ia juga jadi belajar mengantisipasi bahaya. Jika ada yang mengayunnya dari depan atau belakang, misalnya, tentu harus diingatkan karena tindakan ini justru membahayakan si pengayun. selain itu anak pun dilatih untuk mempertajam kemampuan kontrol dirinya agar tidak terayun terlalu cepat dan tidak pula kelewat lambat.

Mandi bola
Lewat permainan ini anak akan mengalami sensasi beragam. "Oh seperti ini ya rasanya berenang dalam kolam bola. Beda dengan masuk kolam air yang bisa membuatku tenggelam, terjun ke kolam ini empuk dan tidak membuatku tenggelam. Kalupun aku tenggelam karena banyak gerak, aku tetap bisa bernapas kok." Belajar mengenai konsep warna dan bentukpun bisa diperoleh anak dari sini. Begitu juga dengan belajar menentukan arah jika anak ingin main lempar Bola.

Stepping dan balok keseimbangan
Imajinasi anak dirangsang melalui permainan ini. Arahkan anak seakan ia harus menyebrangi sungai yang deras dengan balok itu. Jika cuma berjalan dan berlalu begitu saja diatasnya, yang didapat anak hanyalah kesempatan melatih motorik dan keseimbangannya saja, tapi bukan imajinasinya.

Nah bunda sekarang bisa mengertikan dibalik kesenangan yang didapat sikecil ketika bermain, mereka juga bisa belajar banyak hal secara tidak langsung.
Semoga bermanfaat,.........