Semua orang pasti mengenal tomat. Warnanya yang cerah membuatnya tampilannya menarik. Selain kaya akan vitamin C dan vitamin A, tomat juga dapat mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, tomat juga diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma, serta menambah kegesitan gerakannya. Sedangkan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat berfungsi untuk mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung atau stroke.

Tomat yang bisa kita temukan di pasaran ada dua warna, yaitu warna merah dan hijau. Tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat yang berwarna merah, karena mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang berwarna hijau. Sebaiknya anak-anak dibiasakan mengkonsumsi tomat berwarna merah sejak kecil karena penting untuk kesehatan matanya.

Warna merah pada tomat juga mengandung Lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut, dan kanker pankreas. Adapun manfaat mengkonsumsi tomat yang bisa dirasakan, yaitu :

Membantu menurunkan resiko gangguan jantung
Menghilangkan jerawat
Menambah nafsu makan dan menghilangkan rasa
Membantu mengurangi radang usus buntu
Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia
Membantu menjaga kesehatan organ hati dan ginjal
Mencegah kesulitan buang air besar
Mengobati diare
Memulihkan fungsi lever
Mengatasi kegemukan