Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk bayi, tetapi juga bagi ibu.
Berdasar penelitian, diketahui bahwa menyusui dapat mencegah depresi pascakelahiran dan membuat ibu lebih langsing di kemudian hari jadi bunda tidak perlu diet khusus atau apapun karena dg menyusui akan menurunkan BB kita .

Dengan menyusui juga dapat menjauhkan wanita dari radang sendi, artritis, atau yang lebih akrab disebut rematik. Ibu yang memilih untuk menyusi bayi mereka berkemungkinan terkena radang sendi 50 persen lebih sedikit dibanding dengan ibu yang tidak menyusui.

Dengan menyusui, terutama dalam periode lama, dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena radang sendi. Semakin panjang periode menyusui, semakin kecil kemungkinan wanita terkena radang sendi.

Artritis rematik atau radang sendi adalah kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada sendi. Penyakit itu umumnya menyerang bagian tangan, pergelangan tangan, dan kaki. Namun, bagian tubuh yang lain juga dapat terserang.

Terkadang rasa sakit yang diakibatkan astritis amat dahsyat hingga menyebabkan seseorang sulit bergerak dan melakukan tugas sehari-hari. Penyakit tersebut menyerang lebih dari 580.000 orang di Inggris dan Wales, mayoritas penderitanya adalah wanita.

Wanita yang memiliki artritis pada umumnya mengalami obesitas dan cenderung tidak menyusui anak-anak mereka. Sedangkan wanita yang menyusui banyinya cenderung tidak mengalami radang sendi.