Sayuran hijau yang satu ini memang memiliki aroma yang khas. Ya, brokoli kerap kali digunakan dalam beragam masakan. Tidak hanya enak, manfaat brokoli untuk tubuh juga sangat baik. Brokoli baik untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli yang maksimal, Anda bisa memasaknya hanya dengan merebusnya saja untuk mematikan bakteri yang ada dalam brokoli. Brokoli rebus dipercaya mampu menurunkan koresterol Anda.

Kandungan serat dalam brokoli pun dipercaya dapat membuat saluran pencernaan menjadi lebih baik. Brokoli juga mampu membantu jalannya proses detoksifikasi dalam tubuh. Hal ini karena brokoli mengandung zat glucoraphanin, gluconasturtian, dan glucobrassicin.

Brokoli juga diketahui memiliki kandungan vitamin A dan K yang cukup tinggi. Sehingga brokoli sangat baik bagi Anda yang sedang diet. Manfaat brokoli lainnya adalah dapat meningkatkan kerja otak. Hal ini karena brokoli memiliki sifat anti-acetylcholinesterase anti-acetylcholinesterase yang kuat.

Bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi brokoli. Karena kandungan chromium dalam brokol mampu mengatur tingkat gula darah dalam tubuh. Zat antioksidan yang ada pada brokoli juga membantu tubuh menetralkan karsinogenik, yakni zat penyebab kanker.

Selain itu, manfaat brokoli lainnya adalah mengurangi resiko terkena stroke dan penyakit jantung, mencegah anemia, memelihara kepadatan tulang dan mencegah bayi lahir cacat, hingga menurunkan resiko terkena katarak.

Begitu banyak manfaat brokoli, tapi jangan sampai Anda salah memilih brokoli. Pilihlah selalu brokoli yang masih segar dan bewarna hijau. Selamat mencoba.