Apel merupakan buah yang sering kita temukan. Selain rasanya yang menggugah selera, buah yang satu ini juga kaya gizi dan berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah yang satu ini?



Apel kaya akan serat, dalam apel terkandung serat sebanyak 5 gram atau setara dengan 20 persen asupan harian. Selain itu apel juga mengandung 8mg vitamin C.

Saat memakan apel kita biasanya kita mengunyahnya agak lebih lama karena buah ini cukup keras, hal itulah yang bisa memberikan sinyal dalam tubuh bahwa kita sudah merasa kenyang. Tidak hanya itu, saat memakannya perlahan, secara otomatis pemanis alami yang terdapat pada apel juga masuk secara perlahan sehingga kadar gula darah Bunda tetap stabil.

Khasiat buah apel juga dapat kita rasakan pada gigi. Dengan mengkonsumsi apel, produksi ludah menjadi lebih banyak sehingga dapat ‘mencuci’ gigi dari bakteri.

Berdasarkan hasil penelitian di Inggris, ibu hamil yang rajin mengkonsumsi apel akan menurunkan risiko penyakit asma pada anak yang akan dilahirkannya nanti.

Disarankan saat Bunda mengkonsumsi apel, sebaiknya dimakan bersama kulitnya juga. Kulit buah apel mengandung fitokemikal 87persen lebih banyak dibanding daging buahnya. Fitokemikal sendiri dikenal sebagai senyawa antioksidan pelawan kanker. Namun, yang perlu Bunda perhatikan adalah mencuci apel dengan bersih sebelum memakannya.